Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Menabung pada Bank Syariah di Indonesia (Meta Analisis)
Factors Influencing the Interest in Saving at Islamic Banks in Indonesia (Meta-Analysis)
Minat “dalam menabung pada bank syariah secara tidak langsung mempengaruhi pertumbuhan industri keuangan syariah di Indonesia. Adanya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat menabung pada bank syariah di Indonesia melalui studi meta analisis. Meta analisis adalah metode penelitian yang menggunakan data skunder berupa studi – studi terdahulu yang kemudian dilanjutkan dengan pengujian secara statistik. Variabel independen dalam penelitian ini meliputi Religiuitas (X1), Literasi Keuangan Syariah (X2), dan Pelayanan (X3). Dari 200 artikel yang telah disaring dengan menggunakan software Publish or Perish, ditemukan sebanyak 12 artikel yang masuk kedalam kriteria sampel untuk selanjutnya dilakukan uji secara statistik. Penelitian ini dibantu dengan menggunakan software JASP dan Excel dalam analisis statistiknya. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel independen dengan minat menabung pada bank syariah. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi effect size yang dikategorikan dalam efek moderat/sedang antara variabel independen terhadap variabel dependen. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang perilaku menabung di bank syariah dan memberikan dasar bagi pengembangan strategi pemasaran dan pelayanan yang lebih efektif di sektor keuangan syariah.
Kata Kunci : Religiusitas, Literasi Keuangan Syariah, Pelayanan, Minat Menabung, Meta Analisis, Bank Syariah
Interest in saving in Islamic banks indirectly affects the growth of the Islamic financial industry in Indonesia. This study aims to analyze the factors influencing saving interest in Islamic banks in Indonesia through a meta-analysis approach. Meta-analysis is a research method that uses secondary data from previous studies, which are then statistically analyzed. The independent variables in this study include Religiosity (X1), Islamic Financial Literacy (X2), and Services (X3). Out of 200 articles that have been filtered using the Publish or Perish software, 12 articles were found to meet the sample criteria for further statistical testing. This research was assisted using JASP and Excel software for statistical analysis. The results show a significant relationship between the independent variables and saving interest in Islamic banks. Additionally, this study identifies effect sizes categorized as moderate effects between the independent variables and the dependent variable. These findings contribute significantly to understanding saving behavior in Islamic banks and provide a basis for the development of more effective marketing and service strategies in the Islamic financial sector.
Keywords: Religiosity, Islamic Financial Literacy, Services, Saving Interest, Meta-Analysis, Islamic Bank