EFIKASI MEMBACA DALAM STRATEGI MEMBACA KRITIS SISWA
READING SELF-EFFICACY IN EFL STUDENTS' CRITICAL READING STRATEGIES
Membaca kritis telah menjadi kunci untuk kesuksesan akademik peserta didik. Banyak faktor yang mempengaruhi membaca kritis peserta didik, seperti efikasi diri membaca peserta didik. Penelitian terkait telah menemukan kontribusi efikasi membaca sebagai faktor motivasi yang mempengaruhi keterlibatan kognitif, keterlibatan prilaku, dan nilai akademik perserta didik. Efikasi membaca dapat membantu peserta didik untuk menentukan penggunaan pengetahuan dan kemampuan yang sudah mereka pelajari (Pajares, 2002), dan menjelaskan mengapa peserta didik bekerja dengan berbeda dalam waktu yang berbeda. Penelitian ini berusaha menjelaskan apakah efikasi membaca secara signifikan berhubungan dengan penggunaan strategi membaca dalam membaca kritis. Penelitian ini mengadaptasi metode kuantitatif sebagai desain penelitian. Dua kuesioner dibagikan kepada 30 mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris dari salah satu universitas di Indonesia. Korelasi moderat positif ditemukan antara efikasi diri membaca dan strategi membaca (r = 0,548, sig. pada level 0,01) sehingga penelitian ini mendukung bahwa efikasi diri berkorelasi dengan penggunaan strategi membaca siswa.
Critical reading has become the key to students’ academic success. Many factors play an important role in the students’ critical reading, such as their reading self-efficacy. Considerable amount of research has found the contribution of reading self-efficacy towards students' reading strategy use. Reading self-efficacy can help students to determine the use of their knowledge and skill they have learned (Pajares, 2002), and explain why the same learner performs differently at different times. The present study thus attempted to find out the correlation between self-efficacy and EFL students' reading strategy use in Critical Reading. This study used quantitative method as the research design. Two questionnaires were distributed to 30 English Department students of a university in Indonesia. Positive moderate correlation was found between reading self-efficacy and reading strategy (r = 0.548, sig. at 0.01 level) so that this study supported that self-efficacy was correlated with the students’ reading strategy use.