Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan sintak dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dan model pengajaran langsung terhadap keterampilan sosial siswa yang meliputi keterampilan berkomunikasi (bertanya, berpendapat) dan keterampilan bekerjasama, aktivitas siswa, hasil belajar dan respon siswa. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Cerme dengan menggunakan rancangan peneltian One Shoot Case Study. Penerapan model pembelajaran kooperatif dilaksanakan pada pertemuan ke I, II, dan IV sedangkan penerapan model pengajaran langsung pada pertemuan ke III. Metode pengumpulan data untuk keterlaksanaan sintak, aktivitas, keterampilan sosial siswa melalui observasi dengan menggunakan lembar observasi, hasil belajar menggunakan lembar posttes dan respon siswa menggunakan angket respon siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan sintak telah terlaksana dengan sangat baik pada pertemuan I, II, III, dan IV dengan skor rata-rata bermakna sangat baik. (2) Aktivitas siswa dapat dikatakan baik dibuktikan dengan perolehan rata-rata persentase aktivitas yang mendukung siswa selama pembelajaran lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas yang tidak mendukung siswa selama pembelajaran. (3) Keterampilan sosial siswa yang meliputi keterampilan bertanya pada pertemuan I, II, III, dan IV mendapatkan presentase antara 13,88%, sampai 20,59% dengan kategori kurang baik, dan keterampilan berpendapat siswa antara 72,22% sampai 79% dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk keterampilan bekerjasama siswa pada pertemuan I, II, dan IV mendapatkan presentase antara 82,35% sampai 88,89% dengan kategori sangat baik. (4) Hasil belajar menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal telah tercapai dengan persentase sebesar 100%. (5) Siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif dan model pengajaran langsung pada materi redoks.
Kata kunci: Kooperatif, Pengajaran langsung, Keterampilan sosial
Abstract
This study aims to trained syntax implementation with applying the cooperative learning and direct instruction model to student social skill include communication skill (questioning, argue) and collaborating skill, student activities, student learning result, and student response. The target of this study was students grade X SMAN 1 Cerme using the research one shoot case study. The application of the cooperative learning model have been implemented at the meeting I, II, IV and direct instruction model at meeting III. Data collection methods for syntax implementation, activities, social skill by observation using the observation sheet, student leraning result with posttest sheet and student respon with student response questionnaire. The result of the analyzed data is (1) Implementation of the learning model have been implemented well at meeting I, II, III, and IV with an average score that means very good. (2) Student activities are said to be well proven by activities that support student during learning higher than activities that do not support. (3) Students social skill with include ask skill at meetings I, II, III, and IV with percentage of 13,88% until 20,59% with bad criteria, and argue skill with percentage of 72,22% until 79% with very good criteria. While for student collaborating skills at meetings I, II, and IV respectively reach percentage of 82,35% until 88,89% with very good criteria. (4) Students learning result show that classical completeness has been achieved with percentage 100%. (5) student give a positive response to the application of the cooperative learning and direct instruction model.
Keywords: Cooperative learning, Direct instruction, Social skill