Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Teka-Teki Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD
Development of Learning Media Jigsaw Puzzles on Human Digestive System Material for Class V Elementary School
Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, tidak sedikit guru yang mengajar hanya dengan menggunakan media pembelajaran seadanya, menyebabkan peserta didik kurang aktif dan cepat bosan di kelas. Oleh sebab itu dibutuhkan media pembelajaran yang memadai, diantaranya yaitu puzzle teka-teki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pengembangan & kevalidan dari media puzzle teka-teki dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi sistem pencernaan pada manusia kelas V SD. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu R&D (Reseach & development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, design, development, implementation,& evaluation). Dikarenakan dalam penelitian ini hanya sampai tahap validasi, maka pada model ADDIE, tahap implementasi& evaluasi tidak dilakukan. Oleh karena itu, metode pengumpulan datanya yaitu menggunakan metode angket berupa instrument penilaian yang kemudian diberikan kepada validator ahli media dan ahli materi guna memberikan nilai serta kritik dan masukan terhadap materi dan media yang telah dirancang agar lebih diperbaiki. Dengan angket tersebut peneliti dapat mengetahui persentase tingkat kevalidan media. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan, persentase kevalidan yang didapatkan sebesar 80,5% untuk validasi dari ahli materi dengan kriteria sangat valid dan 86,5% untuk validasi ahli media yang berkategorikan sangat valid pula. Sehingga dapat disimpulkan bahwa menerapkan media puzzle teka-teki pada materi sistem pencernaan manusia kelas 5 SD sangat layak untuk digunakan.
Kata kunci: pengembangan, media puzzle, pencernaan manusia.
In learning activities at school, not a few teachers teach only by using improvised learning media, causing students to be less active and get bored quickly in class. Therefore, adequate learning media is needed, including puzzles. This study aims to determine the form of development & validity of the puzzle media in improving students' understanding of the digestive system material in fifth grade elementary school humans. The method used in this research is R&D (Reseach & development) using the ADDIE model (Analysis, design, development, implementation, & evaluation). Because in this study only up to the validation stage, then in the ADDIE model, the implementation & evaluation stage was not carried out. Therefore, the data collection method is using a questionnaire method in the form of an assessment instrument which is then given to validators of media experts and material experts to provide values as well as criticism and input on materials and media that have been designed to be further improved. With this questionnaire, researchers can determine the percentage level of media validity. Based on the validation that has been done, the percentage of validity obtained is 80.5% for validation from material experts with very valid criteria and 86.5% for media expert validation which is categorized as very valid as well. So it can be concluded that applying puzzle media to the human digestive system material for 5th grade elementary school is very feasible to use.
Keywords: development, puzzle media, human digestion