PENGEMBANGAN MEDIA DESAIN STENSIL HANZI MÓXÍNGZI 模型子 UNTUK PENGUASAAN MENULIS GURATAN HANZI SISWA KELAS X BAHASA
Fatimatuzahro’
S1 Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya,
fatira.fp@gmail.com
Prof. Dr. Subandi, S.Pd. M.A.
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media penunjang pembelajaran yaitu media desain stensil hanzi móxíngzi 模型子. Penelitian ini mengacu pada masalah yang dihadapi siswa kelas X Bahasa SMAN 1 Grogol dalam mencapai tujuan pembelajaran materi menulis guratan hanzi. Siswa memiliki kesulitan dalam menulis guratan hanzi serta belum terdapat media penunjang pembelajaran menulis guratan hanzi. Model pengembangan media menggunakan modifikasi model 4D Thiagarajan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Tahap yang dilalui tidak sampai pada tahap disseminate atau penyebaran produk secara luas.
Data penelitian dianalisis secara deskripstif kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut 1) proses pengembangan dari tahap pendefinisian, perancangan hingga pengembangan dilakukan menghasilkan bahan pengembangan media. 2) kualitas dari media pada aspek validitas mendapat persentase sebesar 91% oleh ahli materi, persentase sebesar 84% ahli media menurut skala Likert hasil tersebut termasuk dalam kriteria layak. Pada aspek keefektifan dari hasil uji coba yaitu nilai pre-test dan posttest setelah dilakukan uji t-signifikasi mendapatkan hasil sebesar 2.75> dari t-score 1.6 pada tabel dengan taraf kepercayaan 5%. Hasil penilaian observasi aktivitas guru dan siswa diperoleh persentase sebesar 100%. Berdasarkan pada aspek kepraktisan dari angket respon siswa memperoleh persentase sebesar 97.5%. Mengacu pada hasil penelitian yang telah dijelaskan media desain stensil hanzi móxíngzi 模型子 media layak digunakan sebagai media penunjang pembelajaran menulis guratan hanzi.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Desain Stensil Hanzi Móxíngzi, Kualitas
Abstract
MEDIA DEVELOPMENT OF HANZI MOXINGZI STENCIL DESIGN ON HANZI STROKES WRITING SKILL FOR STUDENTS OF CLASS X-LANGUAGE
This study aims to develop media learning support namely media of hanzi móxíngzi 模型 子stencil design. This study refers to the problems faced by students of class X-Language of SMAN 1 Grogol in achieving the learning objectives of Hanzi strokes writing material. Students have difficulty in writing hanzi strokes and there is no media to support Hanzi's strokes writing learning. The media’s design development uses a modification of the 4D Thiagarajan model that is define, design, develop, and disseminate. The stage in this research doesn’t reach disseminate stage or disseminate the product widely.
This research uses descriptive quantitative and qualitative method. This study describes the development process and the quality of media of the hanzi móngzi模型 子stencil design. The results of the study show that 1) the development process from defining stage, designing stage to developing stage carried out so as to produce material for media development. 2) the quality of the media in the aspect of validity gets percentage of 91% by material experts, and percentage of 84% by media experts according to the Likert’s scale the results are included in the criteria eligible. On the effectiveness aspects from the results of the trial score of pre-test and post-test after t-significance test obtained a result of 2.75> from t-score 1.6 in the table with a confidence level of 5%. On the assessment results of observations the activities of teachers and students obtained a percentage of 100%. Based on the practicality aspect that is from the student response questionnaire, the percentage results were 97.5%. Student’s comments on student response questionnaires showed a positive response to the media development of hanzi móngzi模型 子stencil design. Referring to the results of the research that has been described, media of hanzi móxíngzi 模型 子stencil design books are worthy to use as a media to support Hanzi strokes writing learning.