MOTIVASI WARGA BELAJAR DALAM MENGIKUTI PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C SKB GUDO JOMBANG
MOTIVATION OF LEARNING CITIZENS IN FOLLOWING EQUALITY EDUCATION PROGRAM SKB GUDO JOMBANG PACKAGE
Motivasi warga belajar adalah dorongan yang terdapat pada warga belajar,baik dari diri sendiri, peran orang tua, peran tutor, lingkungan sosial. Motivasi adalah penting karena dapat diketahui jika memadukan dua individu yang memiliki kemmapuan dan memberikan peluang sekaligus situasi yang sama untuk mencapai tujuan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan motivasi dari warga belajar dalam mengikuti program pendidikan kesetaraan paket C di SKB Gudo, (2) Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi warga belajar dalam mengkuti program pendidikan kesetaraan paket C SKB Gudo Jombang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitati deskriptif. Lokasi penelitian di SKB Gudo Jombang, Kabupaten Jombang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian 3 tutor paket C dan 5 warga belajar paket C SKB Gudo. Analisis data dilakukan menggunakan 4 langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Keabsahan data dilakukan dengan kreadibilitas,transferbilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Motivasi warga belajar dalam mengikuti kejar paket C di SKB Gudo Jombang yaitu adanya peran orang tua, peran tutor, peran lingkungan sosial. (2) Faktor- faktor yang mempengaruhi motivasi warga dalam mengikuti pendidikan kesetaraan paket C SKB Gudo Jombang yaitu adanya kesadaran diri dari warga belajar dengan latar belakang yang berbeda-beda yaitu faktor ekonomi, drop out, perundungan atau bullying dan keinginan untuk bekerja
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Faktor Pengaruh Motivasi, Pendidikan Kesetaraan Paket C
Motivation for students to learn is the encouragement found in students, whether from themselves, the role of parents, the role of tutors, the social environment. Motivation is important because it can be seen when combining two individuals who have the same abilities and opportunities and situations to achieve goals. The aims of this research are (1) To find out and describe the motivation of students in participating in the package C equality education program at SKB Gudo, (2) To describe the factors that influence students in participating in the package C equality education program in SKB Gudo Jombang.
This research uses a descriptive qualitative approach. The research location is SKB Gudo Jombang, Jombang Regency. Data was collected through observation, interviews and documentation. The research subjects were 3 package C tutors and 5 residents studying package C SKB Gudo. Data analysis was carried out using 4 steps, namely data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing. Data validity was carried out using credibility, transferability, dependability and confirmability.
The results obtained in this research are: (1) The motivation of students to pursue package C at SKB Gudo Jombang is the role of parents, the role of tutors, and the role of the social environment. (2) Factors that influence the motivation of citizens in taking part in equal education package C SKB Gudo Jombang, namely the existence of self-awareness of citizens studying with different backgrounds, namely economic factors, dropping out, bullying or bullying and the desire to work.
Keywords: Learning Motivation, Motivational Influence Factors, Equal Education Package C