Pengaruh Pembelajaran Microteaching, PLP II, dan Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru SMK Akuntansi
Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan juga simultan pada variabel bebas pembelajaran microteaching, PLP II, dan efikasi diri terhadap variabel terikat minat menjadi guru SMK Akuntansi. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan populasi mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya angkatan 2018 yang melakukan praktik mengajar (PLP II dan Kampus Mengajar) sejumlah 55 mahasiswa dengan menggunakan sampel populasi atau sampel jenuh. Kuesioner digunakan untuk teknik pengumpulan data sedangkan metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Aplikasi yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah SPSS versi 25. Penelitian ini memiliki hasil yaitu menunjukan bahwa minat menjadi guru SMK akuntansi secara simultan dipengaruhi oleh pembelajaran microteaching, PLP II dan efikasi diri. Sedangkan secara parsial, pembelajaran microteaching berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru SMK akuntansi, PLP II berpengaruh secara signifikan terhadap minat menjadi guru SMK akuntansi, efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru SMK akuntansi.
Kata Kunci: Microteaching, PLP II, Efikasi Diri, Minat.
The purpose of the study was to determine the partial and simultaneous effect on the independent variables of microteaching learning, PLP II, and self-efficacy on the dependent variable of interest in becoming a teacher of a vocational high school in Accounting. The research method uses quantitative research methods with a population of students of Accounting Education, State University of Surabaya class 2018 who practice teaching (PLP II and Campus Teaching) of 55 students using a population sample or saturated sample. Questionnaires are used for data collection techniques while the data analysis method used is multiple linear regression analysis. The application used in analyzing this research is SPSS version 25. This study has results, namely showing that interest in becoming a vocational high school teacher in accounting is simultaneously influenced by microteaching, PLP II learning and self-efficacy. While partially, microteaching learning has a significant effect on interest in becoming an accounting vocational school teacher, PLP II has a significant effect on interest in becoming an accounting vocational school teacher, self-efficacy has a significant effect on interest in becoming an accounting vocational school teacher..
Keywords: Microteaching, PLP II, Self-Efficacy, Interest.