Pengendalian Internal Piutang Usaha Pada PT PJB UBJOM Luar Jawa - 2
Internal Control Of Business Receivables In PT PJB Outside Java - 2
Penelitian ini dilakukan di PT PJB UBJOM Luar Jawa - 2, perusahaan ini merupakan perusahaan yang hanya memiliki satu konsumen yaitu PT PLN. Peneliti menggunakan model COSO untuk mengevaluasi kinerja dan sistem perusahaan dalam hal ini adalah piutang. Piutang tak tertagih yang dilakukan oleh PT PLN menjadi permasalahan internal perusahaan. Bagi mayoritas perusahaan, piutang merupakan pos penting karena merupakan aset yang lancar (liquid) perusahaan yang besar, oleh karena itu penting untuk menetapkan kebijakan kredit yang efektif dan prosedur-prosedur penagihan untuk menjamin piutang yang tepat pada waktunya dan dapat mengurangi kerugian akibat piutang yang tidak tertagih. Penagihan piutang dan penggunaan piutang dalam membiayai operasi perusahaan juga sangat penting. Piutang merupakan klaim atau hak untuk mendapatkan uang dari entitas lain. Peninjauan barang atau jasa merupakan sumber pendapatan perusahaan dalam melaksanakan penjualan kepada konsumen. Perusahaan dapat melakukannya secara tunai atau secara kredit. Penjualan kredit tidak segera menghasilkan kas. Hal tersebut juga berlaku oleh PT PJB UBJOM Luar Jawa – 2. Permasalahan internal yang terjadi bukan hanya masalah piutang namun terdapat pembagian divisi yang tidak sesuai namun permasalahan paling krusial terjadi adalah masalah piutang perusahaan.
This research was conducted at PT PJB UBJOM Outside Java - 2, this company is a company that only has one customer, namely PT PLN. Researchers use the COSO model to evaluate the company's performance and systems in this case are receivables. The uncollectible receivables carried out by PT PLN become an internal company problem. For the majority of companies, receivables are an important item because they are large liquid assets, therefore it is important to establish effective credit policies and collection procedures to guarantee timely receivables and to reduce losses due to bad debts. collectible. Collection of receivables and the use of receivables in financing the company's operations are also very important. Receivables represent claims or rights to get money from other entities. A review of goods or services is a source of company revenue in carrying out sales to consumers. The company can do it in cash or on credit. Credit sales do not immediately generate cash. This also applies to PT PJB UBJOM Outside Java - 2. Internal problems that occur are not only accounts receivable problems, but there are division divisions that are not appropriate but the most crucial problem occurs is the company's receivables problem.