ABSTRAK
Mirna Ristanti. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Fluida Statik Untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Siswa. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Madlazim, M. Si dan (II) Prof. Dr. Erman, M. Pd
Kata-kata kunci: Pengembangan Perangkat pembelajaran, model pembelajaran inkuiri, keterampilan metakognitif.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing yang layak (valid, praktis, dan efektif) digunakan untuk melatihkan keterampilan metakognitif siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model ADDIE dan diujicobakan di kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo semester gasal tahun ajaran 2017/2018 dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan:1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori valid; 2) Perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan RPP terlaksana dengan baik; dan 3) Keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari: (a) Peningkatan hasil belajar siswa aspek pengetahuan terlihat dari n-gain berkategori tinggi (b) Respon siswa terhadap perangkat dan pelaksanaan pembelajaran sangat positif (c) Hasil keterampilan metakognitif siswa yang dilatihkan sangat baik . Disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model inkuiri yang dikembangkan layak (valid, praktis, dan efektif) digunakan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo.
ABSTRACT
Mirna Ristanti. 2019. Development of the Physics Teaching Material Using the Inquiry Model on the static fluid topic to Improve Students metacognitive skills.
Tesis, Science Education Study Program, Graduate of Surabaya State University. Supervisor: (I) Prof. Dr. Madlazim, M. Si dan (II) Prof. Dr. Erman, M. Pd
Key words: Learning material, Inquiry model, student’s metacognitive skills
This study aims to produce a learning device of physics model of guided inquiry in a feasible (valid, practical, and effective) is used to improve metacogvitive skills of students Muhammadiyah 2nd senior high school of Sidoarjo. Development of learning tools using the ADDIE model and tested in grade XI7rd science semester of 2017/2018 academic year with One-Group Pretest-Posttest Design. Data collection using validation, observation, test, and questionnaire methods. Data analysis technique used quantitative descriptive analysis. The results of this study indicate: 1) Learning devices developed categorically valid; 2) Learning tools viewed from the implementation of RPP is done well; and 3) The effectiveness of instructional tools in terms of: (a) The improvement of students metacognitive skills in the knowledge aspect is seen from the level of n-gain normalized (b) Student's response to the device and the implementation of learning is very positive. It was concluded that a well-developed, valid, practical, and effective instructional inquiry learning tool was used to improve students’ metacognitive skills in Muhammadiyah 2nd senior high school of Sidoarjo.