ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN FORMATIF BAHASA JEPANG KELAS XI SMA NEGERI 1 SIDOARJO TAHUN AJARAN 2022/2023
ITEM ANALYSIS OF JAPANESE FORMATIVE ASSESSMENT QUESTIONS IN CLASS XI HIGH SCHOOL 1 SIDOARJO SCHOOL YEAR 2022/2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, dan mendeskripsikan kualitas butir soal penilaian formatif bahasa Jepang kelas XI SMA Negeri 1 Sidoarjo. Soal penilaian formatif ini terdiri dari dua tipe soal yaitu, soal pilihan ganda dan soal uraian. Analisis ditinjau dari aspek validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan kualitas pengecoh. Analisis juga dilakukan untuk mengetahui apakah butir soal penilaian formatif ini sudah memenuhi kriteria soal yang baik. Analisis butir soal menggunakan bantuan aplikasi Anates V4 pilihan ganda dan Anates V4 uraian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Objek penelitian ini adalah analisis butir soal, sedangkan subjek penelitian ini adalah soal penilaian formatif bab 3 dan 4 mata pelajaran bahasa Jepang kelas XI SMA Negeri 1 Sidoarjo tahun 2022/2023. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa soal yang memiliki validitas tinggi 72%, soal validitas rendah 36%, dan soal yang tidak valid 12%. Reliabilitas butir soal memiliki tingkat reliabilitas tinggi. Tingkat kesukaran soal dengan kesulitan sangat mudah sebanyak 48%, soal kategori mudah 28%, dan soal kategori sedang 24%. Daya pembeda terdapat 40% soal dengan daya pembeda lemah, 24% soal daya pembeda sedang, dan 36% soal daya pembeda baik. Kualitas pengecoh soal pilihan ganda terdapat empat butir soal yang memiliki kualitas pengecoh buruk.
Kata Kunci : penilaian formatif, analisis butir soal, Anates V4, soal yang ideal
Abstract
This study aims to analyze, and describe the quality of Japanese formative assessment items in class XI SMA Negeri 1 Sidoarjo. This formative assessment question consists of two types of questions, namely, multiple choice questions and description questions. The analysis is reviewed from the aspects of validity, reliability, differentiating power, difficulty level, and the quality of the checkers. The analysis was also carried out to find out whether the items of this formative assessment had met the criteria for a good question. Item analysis used the help of Anates V4 multiple choice application and Anates V4 description.
This research uses a quantitative descriptive research approach. The object of this research is item analysis, while the subject of this research is the formative assessment questions of chapters 3 and 4 of Japanese language subjects in class XI SMA Negeri 1 Sidoarjo in 2022/2023. Data collection used documentation techniques and data analysis techniques using quantitative analysis.
The results of this study concluded that questions that have high validity 72%, low validity questions 36%, and invalid questions 12%. Item reliability has a high level of reliability. The level of difficulty of questions with very easy difficulty as much as 48%, easy category questions 28%, and medium category questions 24%. Differentiating power there are 44% questions with weak differentiating power, 20% questions of moderate differentiating power, and 36% questions of good differentiating power. The quality of the multiple choice questions has four items that have poor quality.
Keywords: formative assessment, item analysis, Anates V4, ideal questions.