PENERAPAN RANTAI MARKOV DALAM MENGANALISIS PERSAINGAN JASA PENGIRIMAN BARANG (EKSPEDISI)
APPLICATION OF MARKOV CHAIN IN ANALYZING THE COMPETITION AMONG FREIGHT FORWARDING COMPANIES (EXPEDITION)
Rantai Markov dapat diimplementasikan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan dan memprediksi kejadian di masa mendatang. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui, menganalisis Brand Switching dari pelanggan jasa pengiriman barang dan memprediksi peluang dari perpindahan merek ditahun yang akan mendatang. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari pengisian kuesioner oleh mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. Sampel penelitian ini sebanyak 71 kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kondisi steady state pada periode ke-17, dimana 17 tahun yang akan datang yaitu pada tahun 2038 dan merek ekspedisi J&T Express merupakan ekspedisi yang paling banyak digunakan dengan peluang sebesar 0,3764, kemudian diikuti oleh ekspedisi SiCepat sebesar 0,2632, ID Express sebesar 0,1589, JNE sebesar 0,1542, dan ekspedisi Pos Indonesia sebesar 0,0473.
Markov chain can be implemented as a tool in decision making and predicting future events. Therefore, this study was conducted with the aim of knowing, analyzing brand switching from customers of freight forwarding services and predicting the opportunities of brand switching in the coming year. This study uses primary data obtained from filling out questionnaires by students of the Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Surabaya. The sample of this research is 71 questionnaires. Based on the results of the study, it is known that the steady state conditions in the 17th period, where the next 17 years are in 2038 and the J&T Express expedition brand is the most widely used expedition with an opportunity of 0.3764, then followed by the SiCepat expedition of 0.2632, ID Express at 0.1589, JNE at 0.1542, and Pos Indonesia expedition at 0.0473.