IMPLEMENTASI PROGRAM DESA BERWAWASAN PENDIDIKAN DI DESA SIDOMULYO KECAMATAN SIDAYU KABUPATEN GRESIK
Program desa berwawasan pendidikan adalah program untuk meningkatkan sumber daya aparatur desa yang agamis, sehat, cerdas, terampil, mandiri dan professional; meningkatnya peran serta dan partisipasi masyarakat terhadap kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan sumber daya alami demi meningkatnya taraf hidup dan kemakmuran masyarakat serta mengurangi kesenjangan sosial, ekonomi budaya dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Program Desa Berwawasan Pendidikan di Desa Sidomulyo Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti dengan menggunakan teori George C. Edward III bahwa implementasi program desa berwawasan pendidikan ini sudah berjalan dengan baik, namun masih ditemukan kendala dalam pelaksanaannya. Terkait dengan komunikasi yaitu pihak pelaksana program ini melalui sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan program desa. Terkait dengan sumber daya dalam pelaksanaan program secara kualitas sudah memadai melihat penempatan pelaksanaan program sudah sesuai seperti pelaksana program dan pengawas lapangan, kemudian terkait dengan disposisi sudah baik dari penujukkan pihak pelaksana dan petugas pengawasan lapangan yang bertanggungjawab dengan dibentuknya kelompok kerja. Terkait dengan struktur organisasi dengan dikeluarkannya SK Kepala Desa Sidomulyo nomor 470/027/473.112.06/II/2015. Kesimpulan dari peneliti masih terdapat kendala pada sumberdaya terkait dengan fasilitas dan sumber daya manusia yang kurang memadai. Saran dari peneliti yaitu diharapkannya fasilitas dan sumber daya manusia dalam pelaksanaan program ini dipenuhi agar pelaksanaan program desa berwawasan pendidikan ini berjalan dengan baik.
kata kunci : Implementasi, Program, Desa Berwawasan Pendidikan
The education-oriented village program is a program to increase the resources of village officials who are religious, healthy, intelligent, skilled, independent and professional; participation of the community in development activities and community empowerment to increase economic growth and natural resources in order to maintain the standard of living and prosperity of the community and reduce social, economic, cultural and educational activities. This study aims to describe the implementation of the Village Education-Based Program in Sidomulyo Village, Sidayu District, Gresik Regency. This research method uses a descriptive method with a qualitative approach. The data technique used was observation, interview and documentation. The data analysis technique was carried out by studying the data, data reduction, data presentation and reports. The results of the research obtained by researchers using the theory of George C. Edward III show that the implementation of the village program with an educational perspective has gone well, but is still being found in its implementation. Related to communication, namely the implementer of this program through socialization to the community related to the village program. With regard to resources in the implementation of the quality program, it is sufficient to see that the placement of program implementation is appropriate, such as the program executor and field supervisors, then related to the good disposition of the appointment of implementing parties and field supervisory officers responsible for the formation of working groups Related to the organizational structure with the issuance of the Village Head Decree number 470/027 / 473.112.06 / II / 2015. The conclusions of the researchers are still trapped in problems related to inadequate human resources. Suggestions from researchers are expected that the facilities and human resources in the implementation of this program are fulfilled so that the implementation of this educational-oriented village program runs well
Keywords: Implementation, Program, The Village Of Insightful Education.