Hikmah, Shela Insanul . 2023. “Pengembangan
Perangkat Pembelajaran Berbasis ADI
Untuk Melatihkan Kemampuan Argumentasi dan Self
Efficacy Peserta Didik Pada Materi Pergeseran Arah Kesetimbangan
Kimia”. Program Studi Magister
Pendidikan Sains, Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing: (I) Prof. Dr.
Tukiran, M.Si. dan (II) Prof. Dr. Harun Nasrudin, M.S.
Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Argument Driven Inquiry, Kemampuan Argumentasi,
Self Efficacy.
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu menghasilkan
perangkat pembelajaran berbasis ADI yang layak untuk melatihkan kemampuan
argumentasi dan self efficacy peserta didik pada materi pergeseran arah
kesetimbangan kimia. Produk yang dihasilkan didasarkan pada perangkat
pembelajaran meliputi silabus, RPP, buku ajar, LKPD, dan instrumen penelitian. Perangkat pembelajaran dikembangkan dengan
metode penelitian yang mengacu pada
model 4D yaitu pendefinisian (define ), perancangan (design ), pengembangan (develop ), dan penyebaran
(disseminate ). Pengumpulan data dilakukan melalui validasi, observasi, tes, dan
angket. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif dan
kualitatif. Hasil penemuan penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa: (1) validitas perangkat pembelajaran sangat valid dengan modus 4, (2)
kepraktisan perangkat pembelajaran didasarkan pada pengamatan keterlaksanaan
RPP yang dapat dikategorikan terlaksana dengan sangat baik, aktivitas peserta
didik yang relevan dengan pembelajaran lebih besar daripada yang tidak relevan,
serta kendala yang dihadapi saat proses pembelajaran telah mendapat solusi yang
dapat digunakan pada uji coba selanjutnya, dan (3) keefektifan perangkat
pembelajaran dilihat dari kemampuan argumentasi yang didasarkan dari n-gain pada kelas XI
MIPA 1, XI MIPA 2, dan XI MIPA 3
secara berturut-turut sebesar 0,72, 0,74, dan 0,73 dengan kriteria tinggi. Self efficacy secara berturut-turut
sebesar 0,70, 0,71, dan 0,70 dengan kriteria tinggi . Pengetahuan secara berturut-turut
ialah sebesar 0,72, 0,74, dan 0,70 dengan kriteria tinggi . Uji Kruskal Wallis menunjukkan bahwa ketiga
kelas memiliki hasil tes argumentasi dan pengetahuan yang konsisten dengan
dibuktikan hasil Asymp. Sig, 0,561 dan 0,687. Uji koefisien korelasi Spearman secara berturut-turut sebesar 0,982,
0976, dan 0,849 menunjukkan bahwa korelasi antar variabel terikat sangat kuat. Respon
peserta didik menunjukkan kategori sangat kuat. Berdasarkan hasil tersebut,
dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model ADI layak digunakan untuk
melatihkan kemampuan argumentasi dan self efficacy peserta didik pada
materi pergeseran arah kesetimbangan kimia.