Anak dengan spektrum autis mengalami kesulitan dalam hal keterampilan bahasa dan mengungkapkan keinginannya. Permasalahan komunikasi ini disebut dengan gangguan komunikasi ekspresif. Gangguan komunikasi ekspresif ditandai dengan keterlambatan dalam bicara dan bahkan tidak berkembang. Berdasarkan hal tersebut penting dilakukan penelitian tentang peningkatan komunikasi ekspresif anak dengan spektrum autis menggunakan aided language stimulation. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh aided language stimulation terhadap komunikasi ekspresif anak dengan spektrum autis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian single subject research dan rancangan penelitian A-B. Subjek penelitian adalah anak laki-laki dengan spektrum autis usia 7 tahun di SLB Dewi Sartika Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik garis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode aided language stimulation berpengaruh terhadap peningkatan komunikasi ekspresif anak dengan spektrum autis. Hal tersebut dapat ditujukkan dari hasil fase baseline (A) yaitu 36,1% dan pada fase intervensi (B) yaitu 47,2%, maka terjadi peningkatan yang signifikan terhadap komunikasi ekspresif subjek setelah diberikan intervensi dengan metode aided language stimulation.
Kata Kunci: Aided language stimulation, komunikasi ekspresif, autis
Children with autism spectrum have difficulty in terms of language skills and express their desires. This communication problem is called expressive communication disorder. Disorders of expressive communication are characterized by delays in speech and not even developing. Based on this, it is important to conduct research on improving expressive communication of children with the autistic spectrum using aided language stimulation. The purpose of this study was to prove the effect of aided language stimulation on expressive communication of children with the autistic spectrum.
This study uses a quantitative approach to the type of single subject research and A-B research design. The subject of the study was a boy with autistic spectrum aged 7 years at SLB Dewi Sartika Sidoarjo. Data collection techniques using observation. The data obtained were processed and analyzed using descriptive statistics of visual analysis in conditions and between conditions presented in the form of tables and line graphs.
The results showed that the aided language stimulation method affected the increase in expressive communication This can be shown from the results of the baseline phase (A) which is 36.1% and in the intervention phase (B) which is 47.2%, then there is a significant increase in the subject's expressive communication after being given an intervention with the aided language stimulation method.
Keywords: Aided language stimulation, expressive communication, autism