Validitas E-Book Interaktif pada Materi Mutasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas 12
The Validity of Interactive E-Book on Mutation Topic to Improve Students Understanding for Grade 12
Materi mutasi merupakan subtopik pada pelajaran biologi yang sulit dipelajari karena konsepnya yang abstrak. Penggunaan media interaktif seperti e-book interaktif merupakan salah satu cara yang dapat digunakan agar materi mutasi dapat lebih mudah dipahami oleh siswa. Namun, keberadaan e-book interaktif pada materi ini masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book interaktif pada materi mutasi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa, yang valid berdasarkan penilaian dari tiga aspek utama yakni kelayakan isi, penyajian, dan bahasa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Hannafin & Peck dengan tiga tahapan utama yakni analisis kebutuhan, desain, dan pengembangan serta implementasi, namun pada penelitian ini tahapan implementasi tidak dilakukan. Validasi e-book interaktif dilakukan oleh tiga validator yang merupakan ahli media, ahli pendidikan, serta guru biologi. Analisis data dilakukan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa validitas dari e-book interaktif yang dikembangkan memperoleh kategori sangat tinggi dengan skor 93%. Berdasarkan hasil validasi dapat disimpulkan bahwa e-book interaktif pada materi mutasi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa yang dikembangkan dinyatakan valid. Implikasi dari penelitian ini ialah kesediaan media e-book interaktif yang dapat mempermudah pemahaman materi mutasi. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi kelayakan penggunaan e-book interaktif ini pada penggunaan secara langsung
The mutation is one of the most challenging topics in Biology for the students since it has abstract concepts. Implementation of interactive learning media, such as interactive e-books, is an option to make mutation topics easier to understand. Unfortunately, the availability of interactive e-books on this topic is still limited. This research aimed to develop an interactive e-book on mutation topics to improve students’ understanding, which is valid for content eligibility, book presentation, and language aspects. The interactive e-book was developed using the Hannafin & Peck model with need analysis, design, and development or implementation phases. The implementation phase was not conducted in the current research. In the development phase, three validators, which included media experts, education experts, and biology teachers, assessed the validity of the developed interactive e-book. Then, data analysis was done using quantitative and qualitative descriptive methods. The result showed that the developed interactive e-book validity was categorized as very high (scored a 93%). Thus, the developed interactive e-book on mutation topics to improve students’ understanding is valid. This research implicates the availability of interactive e-book media to understand mutation topics easier. However, further study to confirm the appropriateness of this interactive e-book implementation is still needed.