SELF CONCEPT OF THE MILLENIALS GENERATION OF MINIMALISM LIFESTYLE
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep diri generasi milenial yang menerapkan Minimalism Lifestyle menggunakan perspektif komunikasi dengan melihat bagaimana Generasi Milenial Pelaku Minimalism Lifestyle mengomunikasikan dirinya sesuai dengan teori konsep diri dan interaksi simbolik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologi. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme dimana peneliti melihat keadaan sosial sebagai sebuah analisis sistematis. Pengumpulan data didapatkan dari observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor internal dalam pembentukan konsep diri generasi milenial pelaku Minimalism Lifestyle yang terdiri dari pengetahuan diri, harapan diri dan evaluasi diri sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi. Begitu pula dengan faktor eksternal dalam pembentukan konsep diri generasi milenial pelaku Minimalism Lifestyle, yaitu orang lain dan kelompok rujukan juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi dimana para pelaku Minimalism Lifestyle saling terhubung dengan sesamanya di dunia virtual. Konsep diri yang terbentuk yaitu karakteristik konsep diri hidup lebih fungsional, bertanggung jawab, dan terbuka akan hal baru
Kata Kunci : Konsep diri, Minimalism Lifestyle, Milenial
ABSTRACT
This study aims to find out how the millennial generation's self-concept who applies Minimalism Lifestyle uses a communication perspective by looking at how the Millennial Generation of Minimalism Lifestyle actors communicate themselves according to the theory of self-concept and symbolic interaction. This research is a descriptive qualitative research with phenomenological method. The paradigm used in this study is the constructivism paradigm where the researcher sees social conditions as a systematic analysis. Data collection was obtained from observation, in-depth interviews and documentation. The results of this study indicate that the internal factors in the formation of the self-concept of the millennial generation of Minimalism Lifestyle actors consisting of self-knowledge, self-expectations and self-evaluation are strongly influenced by the development of information technology. Likewise, external factors in the formation of the self-concept of the millennial generation of Minimalism Lifestyle actors, namely other people and reference groups are also influenced by the development of information technology where Minimalism Lifestyle actors are interconnected with each other in the virtual world. The self-concept that is formed is the characteristic of the self-concept living more functional, responsible, and open to new things.
Keyword : Self concept, Minimalism Lifestyle, Millennial