Kristanto,
Wisnu. 2019. Pengaruh Online Learning
Dan Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir
Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Kuliah I CT Mahasiswa STKIP Bina Insan
Mandiri .
Disertasi, Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas
Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr.
Mustaji, M.Pd. , dan (2)
Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd
Kata Kunci: Online Learning,
Self Regulated Learning, Kempuan Berpikir Kririts dan Kemampuan Pemecahan
Masalah
Penelitian
ini bertujuan untuk menerapkan metode Online
learning dan Self Regulated Learning
terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan pada masa pasca covid. Penelitian ini dilakukan di STKIP Bina Insan
Mandiri dengan jumlah subjek sebanyak 57 mahasiswa yang dibagi dalam kelas
kontrol dan kelas experiment. Jenis Penelitian ini adalah quasi experimental, quasi experimental . Teknik analisis data yang
digunakan adalah Multivariate Analysis of
Variance (Manova).
Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pada kemampuan
pemecahan masalah Peserta Didik yang memiliki self regulated learning tinggi
dan rendah pada
mata kuliah ICT dikarenakan nilai sig 0,000 < nilai taraf
signifikansi. Ada
interaksi
antara Online Learning dan Self
Regulated Learning
terhadap
kemampuan pemecahan masalah Peserta Didik pada mata kuliah ICT
dikarenakan
nilai sig 0,036 < nilai taraf signfikansi 0,05. Online Learning mampu
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah ICT, karena dalam model ini Peserta
Didik menggunakan perangkat digital sendiri untuk akses belajar, sehingga
mereka dapat mengontrol kemajuan belajar mereka dan mereka dapat belajar tanpa
terganggu. Penggunaan model Online Learning dan Self Regulated Learning memberikan
kesempatan pada pendidik untuk memfasilitasi Peserta Didik agar lebih
tertantang untuk menyelesaikan suatu masalah, agar kemampuan Peserta Didik juga
makin meningkat, dengan memberikan permasalahan-permasalahan yang kontekstual
maupun masalah yang memang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, akan lebih
mengoptimalkan tujuan pembelajaran sehingga akan mampu mengaplikasikan
kemampuan pemecahan masalah ICT dengan baik.
Online Learning memiliki
keunggulan-keunggulan yang cukup banyak, penting untuk dicatat bahwa
implementasi yang sukses membutuhkan perencanaan dan integrasi teknologi yang
matang serta dukungan yang memadai dari institusi dan pendidik. Diharapkan
lembaga dapat memberikan jaringan internet yang memadai dan juga fasilitas dan
media untuk mengakses pembelajaran online, berupa Lab. Kompter yang dapat
diakses mahasiswa pada jam perkulihan