IMPLEMENTASI APLIKASI Vid-Sim SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK PENGOLAHAN AUDIO DAN VIDEO
THE IMPLEMENTATION OF LEARNING MEDIA BASED ON VID-SIM APPLICATION IN AUDIO AND VIDEO PROCESSING TECHNIQUES
Implementasi aplikasi sebagai media pembelajaran berbasis simulasi yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar agar peserta didik dapat lebih aktif belajar merupakan tujuan dari penelitian ini. Dalam penggunaan aplikasi Vid-sim ini diharapkan mampu mempercepat proses belajar mengajar yang lebih efektif dan efisien, sehingga hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD). Metode dokumentasi yang berasal dari hasil uji terbatas digunakan untuk pengumpulan data. Aplikasi Vid-Sim menjadi subjek penelitian ini yang digunakan sebagai media pembelajaran teknik pengolahan audio dan video. Penyusunan aplikasi ini mencakup identifikasi masalah, analisis kebutuhan, merancang konsep, merancang isi, desain dokumen serta pengujian aplikasi. Aplikasi Vid-sim dapat dijadikan sebagai pegangan belajar bagi peserta didik. Hasil penelitian ini adalah, telah dibuatnya simulasi berbentuk aplikasi Vid-Sim sebagai media pembelajaran yang dapat membantu proses belajar mengajar. Aplikasi pembelajaran ini berbasis multimedia kreatif yang dapat digunakan sebagai pegangan dan latihan bagi peserta didik. Pembuatan aplikasi ini telah diuji oleh para ahli media yang berkompeten dan mengerti pada bidangnya, sehingga validitas aplikasi Vid-Sim dinyatakan sangat baik dengan perolehan skor sebesar 163 dari total skor 195 dan persentase sebesar 83,58%. Dari hasil perolehan skor dan persentase tersebut, aplikasi Vid-Sim ini dapat digunakan alat bantu proses belajar peserta didik dalam memahami materi
Implementing the simulation-based application as a learning medium, therefore it will be used during learning process in order to overcome the limitations of senses, spaces, and times as well as the passive natures of the students is the purposes of this research. The use of the Vid-Sim Application is expected to be able to accelerate the teaching and learning process become more effective and efficient, therefore it is able to enhance the students’ achievements. Research and Development (RnD) is used in this research as the research method. The data collections method used is documentation method which was derived from limited test results. The subject in in this study is the Vid-Sim application as a learning medium for audio and video processing techniques. The application was compiled with procedures that included in identifying the problems obtained, analysing the needs, designing concepts, designing contents, designing documents, and testing application. Vid-Sim application can be used as a students’ learning guide. The result of this study is, the simulation has been made in the form of Vid-Sim application as an interactive learning medium which is able to support the process of learning. This learning application is based on creative multimedia that used as a learning guide and exercises for the students. The making of this application has been tested by media experts who are competent and knowledgeable in their fields, therefore the validity of the Vid-Sim application is stated to be very good, with a score of 163 out of 195 total score and a percentage of 83.58%. From the results of the score and percentage acquisition, the Vid-Sim application can be used to assist the students’ process of learning in understanding the material.