Tujuan
penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengetahui: (1) kelayakan media modul
elektronik materi Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila pada mata pelajaran
Pendidikan Kewaranegaraan kelas XI di SMK PGRI 7 Surabaya dan (2) hasil belajar
setelah menggunakan media modul elektronik materi Sistem dan Dinamika Demokrasi
Pancasila pada mata pelajaran Pendidikan Kewaranegaraan kelas XI di SMK PGRI 7
Surabaya.
Model
penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan yaitu model ADDIE.
Model ADDIE memiliki lima tahapan yaitu analisis (Analyze ), perancangan (Design ), pengembangan (Development ), imeplementasi (Implementation ),
dan evaluasi (Evaluation ). Setiap
tahapan dalam model ADDIE dilakukan untuk mengembangkan media modul elektronik.
Variabel yang dikaji ada dua yaitu media modul elektronik dan hasil belajar.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini yaitu angket dan tes,
sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus PSA, PSP dan Mann-Whitney U Test .
Hasil
uji validasi desain pembelajaran yaitu 86,67% ,
uji validasi materi 1 dan 2 yaitu yaitu 82,67 dan 91,34%, uji
validasi media 1 dan 2 yaitu 86,66% dan 80%, sedangkan hasil uji perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar
yaitu 88,81%, 88,22%, dan 89,42% . Hasil uji
validasi tersebut masuk dalam kategori sangat baik sekali yang rentang nilainya
80%-100%, sehingga dapat dinyatakan bahwa pengembangan media modul elektronik
layak digunakan. Hasil analisis data kelompok eksperimen dan kontrol
menunjukkan Uhitung = 106 < Utabel = 144, sedangkan
perhitungan rata-rata beda kelompok eksperimen yaitu 19,25 lebih tinggi
daripada rata-rata beda kelompok kontrol yaitu 8,5 . Dengan demikian dapat disimpulkan hasil belajar kelompok yang
menggunakan media modul elektronik lebih meningkat daripada kelompok yang tidak
menggunakan media modul elektronik, sehingga media modul elektronik efektif
digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan
Kewaranegaraan kelas XI di SMK PGRI 7 Surabaya
Kata kunci: pengembangan,
modul elektronik, hasil belajar