Konstruksi Pedagang Pasar Wonokromo Tentang Layanan Aplikasi Grabmart Dalam Meningkatkan Perekonomian
Construction of Wonokromo Market Traders About Application Services Grabmart in Improving the Economy
Pasar tradisional atau pasar rakyat merupakan pasar yang berperan penting dalam memajukan pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan memiliki keunggulan bersaing secara alamiah. Namun di satu sisi perkembangan teknologi dari tahun ke tahun semakin canggih dan membuat munculnya situ perbelanjaan secara online. Kondisi ini membuat bagaiman caranya supaya pasar tradisional dapat mengikuti perkembangan tersebut supaya tidak tertinggal oleh jaman. Banyak Sekali cara yang dilakukan terutama oleh pedagang di dalam menjual produknya termasuk secara online. Salah satunya munculnya layanan Grabmart di dalam aplikasi Grab yang dapat membantu para pedagang dalm menjual dagangannya secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi social pedagang pasar wonokromo tentang layanan Grabmart. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan 5 narasumber sebagai pedagang yang berjualan di pasar wonokromo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstruksi para pedagang pasar wonokromo bermacam-macam tentang layanan Grabmart. Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan kondisi objektif dan subjektif yang dialami oleh beberapa individu
Kata Kunci : Konstruksi Sosial, Pedagang, Grabmart
Traditional markets or people's markets are markets that play an important role in promoting economic growth in Indonesia and have a natural competitive advantage.However, on the one hand, technological developments are increasingly sophisticated from year to year and have led to the emergence of online shopping sites. This condition makes it possible for traditional markets to keep up with these developments so that they are not left behind by the times. There are many ways that are used mainly by traders in selling their products, including online. One of them is the emergence of the Grabmart service in the Grab application which can help merchants sell their wares online. This study aims to determine the social construction of Wonokromo market traders regarding Grabmart services. This study uses a descriptive qualitative research method. Data collection was carried out through interviews with 5 informants as traders selling at the Wonokromo market. The results of this study indicate that the construction of Wonokromo market traders varies regarding Grabmart services. This is due to differences inobjectiveandsubjectiveconditionsexperiencedbysome individuals
Keywords: Social Construction, Traders, Grabmart