PERANCANGAN MOTION GRAPHIC 3D SEBAGAI VIDEO PROMOSI PRODUK ES KRIM ADA APA DENGAN KOPI
3D MOTION GRAPHIC DESIGN AS A VIDEO PROMOTION FOR ICE CREAM ADA APA DENGAN KOPI PRODUCT
Kopi telah menjadi suatu hasil panen perkebunan dengan peranan penting untuk perekonomian di Indonesia. Dalam pertumbuhan industri kopi yang terjadi pelaku bisnis kopi harus mampu bersaing dan mempertahankan bisnisnya, salah satunya Ada Apa Dengan Kopi yang telah melakukan diversivikasi produk olahan kopinya menjadi menu es krim yang bertujuan untuk bersaing dengan kompetitornya, namun menu tersebut mengalami pembaruan rasa dan topping pada es krimnya. Andrew Soehartono selaku lead consultant dari BrandPartner yang membantu bisnis Ada Apa Dengan Kopi membutuhkan media promosi untuk menu es krimnya tersebut.
Sehingga dilakukanlah perancangan media promosi produk es krim Ada Apa Dengan Kopi untuk menginformasikan rasa dan topping barunya tersebut kepada konsumennya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data interaktif Miles & Huberman serta metode perancangan Design Thinking. Proses perancangan media promosi diawali dengan mengumpulkan data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, kuesioner, studi literatur, dan analisa kompetitor. Konsep media promosi yang dirancang yaitu video dengan jenis motion graphic 3D sebagai visualisasi produknya, tema yang digunakan yaitu cheerfull.
Berdasarkan hasil uji coba terbatas kepada konsumen, video promosi memiliki tampilan visual yang mampu menarik perhatian audiens bahwa produk es krim memiliki rasa yang nikmat untuk di konsumsi, visualisasi 3D pada produk memiliki kemiripan yang sangat baik, informatif, dan dapat menimbulkan keinginan konsumen untuk membeli.
Coffee has become a plantation crop with an important role in the economy in Indonesia. In the growth of the coffee industry that is occurring, coffee business players must be able to compete and maintain their business, one of which is What's Up With Coffee, which has diversified its processed coffee products into an ice cream menu which aims to compete with its competitors, but the menu has experienced updates in taste and toppings on the ice. the cream. Andrew Soehartono as the lead consultant from BrandPartner who helps the What's Up With Coffee business needs promotional media for its ice cream menu.
So, promotional media for the What's Up With Coffee ice cream products was designed to inform consumers about the new flavors and toppings. This research uses descriptive qualitative methods with Miles & Huberman interactive data analysis techniques and the Design Thinking design method. The promotional media design process begins by collecting primary and secondary data through observation, interviews, questionnaires, literature studies and competitor analysis. The promotional media concept designed is a video with 3D motion graphics as product visualization, the theme used is cheerful.
Based on the results of limited trials with consumers, the promotional video has an attractive visual appearance, the 3D visualization of the product has a very good similarity, is informative, and can arouse consumers' desire to buy.