Strategi Sekolah Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (Studi Multi Kasus SMA Swasta di Surabaya)
School Strategy in Accepting New Students (Multi Case Study of Private High Schools in Surabaya)
Kemunculan sekolah swasta di perkotaan untuk mengisi kurangnya ketersediaan sekolah Negeri karena jumlah penduduk yang tidak seimbang dengan jumlah sekolah. Menjamurnya sekolah swasta memunculkan permasalahan baru dalam mendapatkan peserta didik di kondisi yang tidak menentu. Banyak sekolah swasta yang tidak mendapatkan peserta didik atau tidak sesuai rombel yang membuat sekolah swasta tersebut harus ditutup. SMA LabSchool UNESA 1, SMA Petra 1, dan SMA Al Falah Ketintang memiliki strategi yang digunakan dalam meningkatkan jumlah peserta didik di setiap tahun ajaran baru. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat bagaimana upaya sekolah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di tahun ajaran baru. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus, Teknik pengambilan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, dan wali murid. Teknik analisis data dengan kondensasi data, Penyajian data, dan penyimpulan data yang ditampilkan. Hasil pada penelitian ini memiliki tiga tema utama yaitu strategi internal sekolah dalam memperbaiki sistem internal sekolah, Strategi Eksternal berkaitan dengan hubungan kerja sama dan komunikasi yang dilakukan oleh stakeholder sekolah, serta hambatan yang dialami dapat menjadi acuan evaluasi kedepannya dalam meningkatkan strategi sekolah. Kesimpulan strategi yang dilakukan oleh ketiga sekolah dengan meningkatkan kualitas internal sekolah, meningkatkan hubungan Kerjasama dengan eksternal, serta memperhatikan hambatan yang terjadi selama proses penerapan strategi dalam meningkatkan jumlah peserta didik di tahun ajaran baru
The emergence of private schools in urban areas to fill the lack of availability of public schools because the population is not balanced with the number of schools. The mushrooming of private schools raises new problems in getting students in uncertain conditions. Many private schools do not get students or do not fit the class, which causes these private schools to be closed. UNESA 1 LabSchool High School, Petra 1 High School, and Al Falah Ketintang High School have a strategy used to increase the number of students in each new school year. The purpose of this research is to see how the school's efforts are increasing the number of students in the new school year. In this study using a qualitative case study method, data collection techniques used by interviews, observation, and documentation studies. The subjects in this study were the school principal, vice principal, teacher, and student guardians. Data analysis techniques with data condensation, data presentation, and data conclusions are displayed. The results of this study have three main themes, namely the school's internal strategy in improving the school's internal system, external strategies related to cooperative relations and communication carried out by school stakeholders, and the obstacles experienced can be used as a reference for future evaluations in improving school strategies. The conclusion of the strategies carried out by the three schools by improving the internal quality of the school, increasing cooperative relations with externals, and paying attention to the obstacles that occur during the process of implementing the strategy in increasing the number of students in the new school year