EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI
THE EFFECTIVENESS OF APPLICATION OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA ON MOTIVATION
Penggunaan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran PJOK merupakan salah satu cara memberikan materi PJOK agar lebih mudah dipahami oleh siswa-siswi serta dapat meningkatkan motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media pembelajaran interaktif terhadap motivasi mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Manfaat dari adanya penelitian ini yaitu dapat memberikan suatu pembaruan dalam perangkat yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi serta dapat memberikan motivasi siswa. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimen Design dengan one group pretest-posttest. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI Multimedia di SMKN 2 Buduran Sidoarjo yang berjumlah 31 siswa. Analisis data menggunakan SPSS 25 yaitu analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji t test, dan uji regresi. Proses pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan angket melalui google form yang dibagikan kepada sampel dan angket tersebut berisi tentang motivasi mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Hasil yang diperoleh dari pretest dan posttest pada siswa kelas XI multimedia di SMKN 2 Buduran Sidoarjo terdapat adanya selisih nilai atau peningkatan nilai pada sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Nilai R Square sebesar 47,3% dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.
The use of interactive learning media in PJOK subjects is one way to provide PJOK material so that it is more easily understood by students and can increase motivation. This study aims to determine the effectiveness of the application of interactive learning media on the motivation to follow physical education subjects, sports and health. The benefit of this research is that it can provide an update in devices that can be used to convey material and can motivate students. This study uses a Pre-Experimental Design with one group pretest-posttest. The sample of this research is students of class XI Multimedia at SMKN 2 Buduran Sidoarjo, totaling 31 students. Data analysis using SPSS 25 is descriptive analysis, normality test, homogeneity test, t test, and regression test. The data collection process was carried out by giving a questionnaire through a google form which was distributed to the sample and the questionnaire contained the motivation to take part in learning physical education, sports and health. The results obtained from the pretest and posttest in class XI multimedia students at SMKN 2 Buduran Sidoarjo there is a difference in value or an increase in value before being given treatment and after being given treatment. The R Square value of 47.3% can be concluded that interactive learning media has a significant effect on students' learning motivation in sports and health physical education subjects.