Manajemen Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Literasi Peserta Didik di SDN Klakahrejo I/578 Surabaya
School Library Management in improving literacy of students at SDN Klakahrejo I / 578 Surabaya
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan kepemimpinan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan literasi peserta didik di SDN Klakahrejo I/578 Surabaya. Perpustakaan sekolah memegang peranan penting dalam pengembangan keterampilan membaca peserta didik yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden utama adalah Kepala Sekolah, Kepala perpustakaan sekolah, guru literasi dan peserta didik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan perpustakaan sekolah di SDN Klakahrejo I/578 Surabaya berperan penting dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Singkatnya, pengelolaan perpustakaan sekolah SDN Klakahrejo I/578 Surabaya berperan penting dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik Dengan pengelolaan yang baik, pemilihan koleksi yang tepat dan kegiatan yang menarik, perpustakaan sekolah dapat menjadi sumber informasi yang berharga bagi siswa dan mendukung pengembangan keterampilan literasi mereka.
The purpose of this study was to determine the role and leadership of the school library in increasing student literacy at SDN Klakahrejo I/578 Surabaya. The school library plays an important role in developing students' reading skills needed in everyday life. This study used a qualitative approach by collecting data through interviews, observation and documentation. The main respondents were the school principal, head of the school library, literacy teachers and students. Data analysis was performed using descriptive analysis method. The results showed that managing the school library at SDN Klakahrejo I/578 Surabaya played an important role in improving students' reading skills. In short, school library management at SDN Klakahrejo I/578 Surabaya plays an important role in improving students' reading skills. With good management, selection of appropriate collections and interesting activities, the school library can be a valuable source of information for students and supports the development of their literacy skills.