Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan seperangkat media pembelajaran berupa trainer audio power amplifier yang layak pada mata pelajaran perekayasaan sistem audio dengan kriteria (1) valid, (2) praktis dan (3) efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model R&D (research and development). Tahapan dari model R&D yang digunakan pada penelitian ini yaitu: 1) Tahap potensi masalah, 2) Tahap pengumpulan data, 3) Tahap desain produk, 4) Tahap validasi desain, 5) Tahap revisi desain, 6) Tahap uji coba produk, 7) Tahap analisis dan pelaporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa trainer audio power amplifier layak digunakan untuk standar kompetensi perekayasaan sistem audio di smk negeri 1 nganjuk di tinjau dari tingkat kevalidan sebesar 76,97% dinyatakan valid dan jobsheet 81,21% dinyatakan valid, tingkat kepraktisan sebesar 87% dinyatakan sangaat baik dan dari tingkat keefektifan sebesar 83,96 lebih besar dari nilai KKM yaitu 75. Dan dinilai dari kinerja siswa, siswa mampu menggunakan trainer audio power amplifier pada praktikum 1 sebesar 80% kategori baik; praktikum 2 sebesar 77,5% kategori baik, praktikum 3 sebesar 77,5% kategori baik dan praktikum 4 sebesar 87,5% kategori sangat baik.
Kata Kunci: trainer audio power amplifier, jobsheet, Media Pembelajaran
The purpose of this research is to produce a set of learning media in the form of audio power amplifier trainers that are feasible in audio system engineering subjects with criteria (1) valid, (2) practical and (3) effective. The type of research used in this study is the research and development (R & D) model. The stages of the R&D model used in this study are: 1) Stage of potential problems, 2) Stage of data collection, 3) Stage of product design, 4) Stage of design validation, 5) Stage of design revision, 6) Stage of product testing, 7) Stage of analysis and reporting. The results of this study indicate that audio power amplifier trainers are eligible to be used for audio system engineering competency standards in Vocational High School 1 Nganjuk in terms of validity level of 76.97% declared valid and 81.21% job sheet declared valid, practicality of 87% was stated good and from the level of effectiveness in terms of student final learning outcomes of 83.96 greater than the minimum mastery criteria value of 75. And assessed by student performance, students are able to use audio power amplifier trainers in 1st practice by 80% in good category; 2nd practice was 77.5% good category, 3rd practice was 77.5% good category and last at 4th practice was 87.5% very good category.
Keyword: trainer audio power amplifier, jobsheet, Media Pembelajaran