ABSTRAK
Meningkatnya angka kenaikan jumlah penggunaan transportasi laut (Kapal), harus diimbangi juga oleh performa dari kapal tersebut. Bagian Lunas Bilga (bilge keel) merupakan salah satu yang mendapat perhatian lebih, karena ketika kapal berlayar akan selalu berhadapan dengan cuaca yang selalu berubah ubah, diharapkan pada kondisi apapun kapal tetap melaju untuk menghadapi hal tersebut. Pemasangan lunas bilga (bilge keel) mampu mengatasi hal tersebut. Sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai stabilizer dan mobilitas kapal yang otomatis akan berinteraksi langsung dengan air laut maka akan menyebabkan terjadinya korosi. Oleh karena itu perlu dilakukannya penelitian untuk mengalisa laju korosi pada material aluminium 5083 sebagai material lunas bilga. Penelitian ini dipengaruhi oleh waktu perendaman pada media air laut, salinitas dan TDS air laut dan kecepatan kapal saat melaju.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif di Laboratorium Bahan Bakar Alternatif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Pengujian dilakukan menggunakan media pengkorosi air laut sesuai dengan ASTM G31-72 untuk mengetahui kehilangan berat yang terjadi pada spesimen. Pada penelitian ini obyek penelitian menggunakan lembaran plat aluminium 5083 yang dipotong dengan ukuran 60mm x 20mm x 5mm yang kemudian diberi aliran sebesar 2,3 knot dan 2,9 knot sehingga mengikuti simulasi pada saat kapal sedang melaju. Media air laut yang digunakan diambil dari Kabupaten Sidoarjo, Kota Gresik dan Kabupaten Lamongan dengan lama perendaman spesimen pada media pengkorosi yaitu 24 jam, 48 jam dan 168 jam. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggambarkan hasil penelitian dalam bentuk tabel, grafik dan foto mikro.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa laju korosi terbesar pada aluminum 5083 sebagai aplikasi lunas bilga kapal terjadi pada media air laut Gresik yang memiliki nilai salinitas awal 25 ‰ dan salinitas akhir 33 ‰ . Dimana laju korosi yang terjadi adalah sebesar 1,2310 mmpy pada kecepatan 2,9 knot dan waktu perendaman selama 24 jam serta kehilangan berat yang terjadi sebesar 0,0286 gram. Sementara laju korosi terendah terjadi pada media air laut Sidoarjo yang memiliki nilai salinitas awal 15 ‰ dan salinitas akhir 22 ‰ dimana laju korosi yang terjadi sebesar 0,4368 mmpy pada kecepatan 2,3 knot dan waktu perendaman 168 jam serta kehilangan berat yang terjadi sebesar 0,0710 gram. Sehingga diperoleh kondisi optimum yang diambil dari hasil laju korosi terbaik. Laju korosi terbaik merupakan laju korosi dengan hasil terkecil yaitu terjadi pada spesimen yang direndam di media air laut Sidoarjo. Maka kapal akan lebih lama usia pemakaiannya jika digunakan pada air laut Sidoarjo dibandingkan dengan air laut Lamongan dan Gresik.
Kata Kunci : Lunas bilga, laju korosi, Aluminium 5083, waktu, kecepatan, salinitas air laut
The increasing number of increases in the use of sea transportation (ships) must also be balanced by the performance of the ship. Part bilge keel is one that gets more attention, because when a ship sails it will always be faced with weather that is always changing, it is expected that under any circumstances the ship continues to go forward to face it. Installation of bilga is able to overcome this. In accordance with its function, namely as a stabilizer and ship mobility that will automatically interact directly with sea water, it will cause corrosion. Therefore it is necessary to conduct research to analyze the rate of corrosion in aluminum material 5083 as bilga paid off material. This research is influenced by the time of immersion in the sea water media, salinity and TDS of sea water and the speed of the ship when driving.
This study used a descriptive experimental method with a quantitative approach in the Alternative Fuel Laboratory, Mechanical Engineering Department, Faculty of Engineering, State University of Surabaya. Tests were carried out using seawater corrosion media in accordance with ASTM G31-72 to determine the heavy losses that occurred in the specimens. In this study, the object of the study used 5083 aluminum plate sheets which were cut to a size of 60mm x 20mm x 5mm which were then given a flow of 2,3 knots and 2,9 knots so that they followed the simulation when the ship was moving. The seawater media used were taken from Sidoarjo Regency, Gresik City and Lamongan Regency with soaking specimens on the corrosion media for 24 hours, 48 hours and 168 hours. The data analysis technique used in this research is quantitative descriptive by describing the results of research in the form of tables, graphs and micro photographs.
The results of this study indicate that the highest corrosion rate in aluminum 5083 as a bilga keel application occurs in Gresik sea water media which has an initial salinity value of 25 ‰ and a final salinity of 33 ‰. Where the corrosion rate that occurs is 1.2310 mmpy at a speed of 2.9 knots and soaking time for 24 hours and the weight loss that occurs is 0.0286 grams. While the lowest corrosion rate occurs in the Sidoarjo seawater media which has an initial salinity value of 15 ‰ and a final salinity of 22 ‰ where the corrosion rate occurs at 0.4368 mmpy at a speed of 2.3 knots and an immersion time of 168 hours and a weight loss that occurs at 0 , 0710 grams. So that the optimum conditions are obtained from the best corrosion rate results. The best corrosion rate is the rate of corrosion with the smallest result, which occurs in specimens soaked in Sidoarjo seawater media. Then the ship will have a longer service life if used in Sidoarjo sea water compared to Lamongan and Gresik sea water.
Keywords : Bilge Keel, corrosion Rate, aluminum 5083, sea water, time, speed, salinity of sea water