ABSTRAK
Luthfaturrohmah, 2019. Penalaran Statistik Siswa MTs pada Materi Penyajian Data Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Tesis, Progam Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Rooselyna Ekawati, S, Si., M. Sc., Ph.D, dan (II) Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd.
Kata Kunci: Penalaran Statistik, Jenis Kelamin
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level penalaran statistik siswa MTs ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Untuk mengungkapkan penalaran statistik tersebut peneliti menggunakan empat proses dalam penalaran statistik dan level penalaran statistik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di kelas IX MTs Manbau’ul ‘Ulum. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes level penalaran statistik dan wawancara berbasis tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tahap reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses describing data siswa laki-laki dan siswa perempuan sampai pada level 4, dimana kedua subjek memahami informasi dari data yang disajikan dalam bentuk tabel, mengetahui jenis diagram yang digunakan, tetapi masih belum benar dalam memberikan penjelasan mengapa menggunakan diagram batang. Pada proses organizing data siswa laki-laki dan siswa perempuan sampai pada level 3, dimana kedua subjek mengetahui apa itu modus atau mean dari data yang disajikan dalam bentuk tabel, tetapi masih belum benar dalam menentukan mean. Pada proses representing data siswa laki-laki dan siswa perempuan sampai pada level 5, dimana kedua subjek menggambarkan diagram dari data yang disajikan dalam bentuk tabel dengan benar, menentukan langkah-langkah dalam mengambarkan diagram dengan benar dan mengungkapkan perbedaan dari diagram yang dipilih dengan benar. Pada proses analyzing and interpreting data siswa laki-laki sampai pada level 4, dimana siswa laki-laki membuat kesimpulan dari data yang disajikan dalam bentuk tabel dengan benar tetapi belum sepenuhnya memberikan penjelasan dari data yang ada. Sedangkan, pada proses analyzing and interpreting data siswa perempuan sampai pada level 5, dimana siswa perempuan membuat kesimpulan dari data yang disajikan dalam bentuk tabel dengan benar dan sudah sepenuhnya memberikan gambaran penjelasan data yang disajikan dalam bentuk tabel.
ABSTRACT
Luthfaturrohmah, 2019. Statistical Reasoning of MTs Student on Data Presentation Viewed from Sex Differences. Thesis, Mathematics Education Study Program, Postgraduate of Universitas Negeri Surabaya. Supervisors: (I) Rooselyna Ekawati, S, Si., M. Sc., Ph.D, and (II) Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd.
Keyword: Statistical Reasoning, Sex Diffirencess
This study aims to describe the level of statistic reasoning of MTs students in terms of sex differences. To reveal statistical reasoning, researcher used four processes in statistical reasoning and statistical reasoning levels.
This research is a qualitative study using a qualitative descriptive approach carried out in class IX of MTs Manbau'ul ‘Ulum. The subjects in this study consisted of one male student and one female student. The technique of data collection is done by giving tests of statistical reasoning levels and test-based interviews. Analysis of the data used in this study consisted of data reduction, data exposure and conclusion drawing.
The results showed that in describing the data of male and female students arrived at level 4, where both subjects understood the information from the data presented in the form of tables, knowing the types of diagram used, but still not correct in giving explanations why using bar diagram. In the organizing process the data of male and female students at level 3, where both subjects know what the mode or mean is from the data presented in table, but it is still not correct in determining the mean. In the process of representing data male and female students arrive at level 5, where both subjects describe diagram of data presented in table form correctly, determine the steps in describing the diagram correctly and reveal the differences from the correctly chosen diagram. In the process of analyzing and interpreting data male students arrive at level 4, where male students draw conclusions from data presented in table form correctly but have not fully provided an explanation of the data available. Whereas, in the process of analyzing and interpreting data of female students at level 5, where female students draw conclusions from data presented in table form correctly and have fully provided an explanation of the data presented in table