Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran problem based blended learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah mahasiswa pada mata kuliah statistik di STKIP PGRI Bangkalan. problem based blended learning adalah nama model yang dikembangkan merupakan kombinasi dari dua model problem based learning dan model blended learning.
Variabel penelitian yang dikaji dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem based blended learning sebagai variabel bebas dan berpikir kritis dan pemecahan masalah sebagai varibel terikat, uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah, uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas dan uji independent sampel t-tes.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Dick and Carrey dengan 10 tahap. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa sebanyak 64 mahasiswa yang terdiri dari 2 kelas (A dan B) pada prodi pendidikan guru sekolah dasar STKIP PGRI Bangkalan. Instrumen pengumpulan data meliputi (1) lembar validasi untuk memperoleh kelayakan model PBBL dan perangkat pembelajaran, (2) lembar penilaian kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah untuk memperoleh data keefektifan model problem based blended learning.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model problem based blended learning memiliki kelayakan 92,47%, perangkat model pembelajaran problem based blended learning, modul ajar memiliki kelayakan 93,79%, rencana pembelajaran semester (RPS) memiliki kelayakan 96,99%. Model pembelajaran problem based blended learning dengan hasil independent test sig (2-tiled) 0,00 < 0,05. Model PBBL efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Model pembelajaran problem based blended learning dengan hasil independent test sig (2-tiled) 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan model PBBL efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa.
Model pembelajaran problem based blended learning dapat dimanfaatkan oleh para dosen yang ingin mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah bagi mahasiswa pada mata kuliah statistik. Pengembangan lebih lanjut dan diseminasi.