Menggunakan Microsoft Teams untuk Mengajar Menulis di Sekolah Menengah Pertama
Pandemi COVID-19 menyebabkan seluruh sekolah di Indonesia harus melakukan pembelajaran online. Microsoft Teams adalah salah satu platform yang digunakan oleh sekolah untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan serta kendala guru saat menggunakan Microsoft Teams untuk mengajar writing di SMP. Fokus penelitian ini adalah materi teks deskriptif yang harus dipelajari oleh murid kelas 7. Penelitian kualitatif ini dilakukan di salah satu sekolah negeri di Surabaya dengan melibatkan dua guru bahasa Inggris untuk kelas 7 dan mengetahui cara mengoperasikan Microsoft Teams dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil observasi dan interview, Microsoft Teams menyediakan fitur-fitur sangat bagus untuk mendukung kegiatan mengajar. Hasil observasi dan interview juga menemukan ada beberapa kendala yang harus dihadapi oleh guru dalam implementasi Microsoft Teams untuk kegiatan mengajar seperti tidak bisa menjangkau siswa yang terputus koneksi dengan Microsoft Teams karena mengganti nomor telepon, kurangnya interaksi dengan siswa, dan koneksi jaringan yang buruk.
COVID-19 pandemic causes all schools in Indonesia have to do online learning. In this case, Microsoft Teams is one of the platforms used by schools to hold online teaching-learning process. This research aimed to describe the implementation and teachers’ obstacles while using Microsoft Teams for teaching writing in junior high school. It focused on the descriptive text material which must be learned by the seventh-grade students. This qualitative research took place in one of the public schools in Surabaya by involving two English teachers who teach seventh-grade students and knows how to operate Microsoft Teams for the teaching-learning process. Based on the observation and interview results, Microsoft Teams provides great features to support the teaching process. It also found that there are some obstacles that should face by the teacher such as cannot reach out to the students who have lost connection with Microsoft Teams because of changing the phone numbers, lack of interaction with the students, and have a bad internet connection.