Penggunaan internet dapat dimanfaatkan sebagai sarana perdagangan online yang disebut E-commerce (electronic commerce). Berkembangnya e-commerce yang semakin pesat menyebabkan persaingan yang akhirnya memunculkan banyak pelaku e-commerce dengan Lazada sebagai market leader di Top of Mind kategori situs jual beli online. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membahas pengaruh e-service quality dan kemudahan terhadap niat beli ulang melalui kepuasan sebagai variable intervening. Kepuasan tersebut diukur dengan beberapa driver pendorong kepuasan untuk menentukan seberapa besar tingkat niat beli ulang yang dilakukan oleh pelanggan Lazada.
Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa perempuan dan laki-laki berusia 18-25 tahun yang pernah melakukan pembelian di Lazada minimal satu kali dengan pembelian terakhir pada satu bulan terakhir. Metode penentuan sampel adalah non probability sampling dan Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 220. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket online. Teknik analisis data menggunakan path analisis dengan program AMOS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality dan kemudahan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan niat beli ulang. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa e-service quality dan kemudahan memiliki pengaruh tidak langsung terhadap niat beli ulang dan melalui kepuasan sebagai variabel mediasi. Uji mediasi yang dilakukan terhadap kedua variabel eksogen terbukti secara parsial.
Internet usage can be used as a means commerce of online called E-commerce (electronic commerce). The rapid development of E-commerce causing rivalry which eventually led the actors of E-commerce itself with Lazada as a market leader Top of Mind in the category of selling online site. The aim of this study are to analyze and discuss the influence of the e-service quality and eases on the repurchase intention and satisfaction as an intervening variable. Satisfaction is measured by several drivers of satisfaction to determine the extent of repurchase intention made by Lazada consumer.
Respondents in this study are college student aged 18-25 years who have made a purchase in Lazada at least once with the last purchase is in the last one month. The sampling method is nonprobability sampling and the sampling technique is using snowball sampling. The sample used is 220. Data collection techniques which is used in this study is an online questionnaire. The data were analyzed by using path analysis with AMOS program.
The result of this study indicates that the e-service quality and ease have a significant effect on satisfaction and repurchase intention. The result of this study also showed that the e-service quality and ease has indirect effect on word of mouth and through satisfaction as mediating variables and the mediating test are partially proved.
Keywords: e-service quality, ease, consumer satisfaction, repurchase intention.