PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU HISTORY CARD PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA
DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA FOR HISTORY CARD IN HISTORY SUBJECT IN CLASS XI SMA
Mata pelajaran sejarah sudah diterima siswa mulai tingkat satuan pendidikan dasar (SD), menengah (SMP), hingga atas (SMA). Namun pada kenyataannya, pelajaran sejarah merupakan salah satu pelajaran yang kurang memiliki daya tarik bagi siswa. Kecenderungan siswa bersikap acuh dan tidak memperhatikan guru ketika mengajar. Metode mengajar guru yang masih banyak menggunakan metode-metode konvensional misalnya ceramah bervariasi, juga karena minimnya penggunaan media didalam pembelajaran. Padahal, media itu sendiri memegang peran yang sangat penting, diantaranya mampu mengaktifkan siswa secara keseluruhan dan memfokuskan perhatian siswa saat proses pembelajaran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Four-D Model). Tahapan-tahapan ini merupakan acuan dalam mengembangan produk media dari tahap konsep media hingga media jadi yang kemudian juga dilakukan validasi ahli untuk menilai kelayakan dan turut pula melihat respon siswa terhadap media setelah media diterapkan. Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran sejarah yaitu History Card. History card merupakan permainan kartu dimainkan oleh 4 orang yang cara bermainnya mengadaptasi dari permainan kartu Seven Spade. Media History Card ini menggunakan KD 3.1 Menganalisis Proses Masuk dan Perkembangan Penjajahan Bangsa Eropa (Spanyol, Portugis, Inggris dan Belanda) di Indonesia. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMAN 18 Surabaya yang berjumlah 36 siswa.
Hasil yang didapat menunjukkan bahwa media kartu History Card mendapat nilai sebesar 88,2% dengan kategori sangat valid oleh ahli media, sebesar 80% dengan kategori valid oleh ahli materi, sebesar 76,3 dengan kategori valid oleh ahli pembelajaran dan mendapat nilai sebesar 88,9% dari respon siswa dengan kategori sangat baik dalam semua aspeknya, dari prosentase nilai akhir yang diperoleh dari penilaian yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa media kartu History Card telah memenuhi syarat dan layak untuk dijadikan dan digunakan sebagai sumber belajar sejarah pada kompetensi dasar yang bersangkutan
Kata Kunci: Media kartu History Card, Respon Siswa
History subjects have been given since the basic, middle to upper education unit level. But in reality, history lessons are one of the lessons that have less appeal for students. Students stop being indifferent and pay no attention to the teacher when teaching. Apart from the teaching methods of teachers who still use conventional methods such as various lectures, it is also due to the minimal use of media in learning. In fact, the media itself plays a very important.
This research belongs to the type of Research and Development or also known as R&D. with using 4D (Four-D) development model. This research produces a product of historical learning media, namely The History Card. History Card is a card game played by 4 people whose way of playing is adapted from the Seven Spade card game. This media uses Basic Competencies 3.1 Analyzing the Entry Process and the Development of European Colonization to Indonesia. subject in this study were class XI IPS 2 SMAN 18 Surabaya, totaling 36 students.
The results showed that the history card media as a whole received an assessment of 88.2% with a very valid category by media experts, 80% with a valid category by material experts, and got a score of 88.9% from student responses in all indicator, and from that information can be concluded that the History Card can be use as a media for learning history major in class.
Keywords: Media History Card, Student Response