Penggunaan Model Explicit Instruction Senam Fntasi Terhadap Motorik Kasar Anak Autis
The Use Of Explicit Instruction Models Of Fantasy Gymnastics Against The Groos Motor Skill Of Autistick Children
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis secara deskriptif penggunaan Explixit Instruction senam fantasi terhadap motorik kasar anak autis. Metode penelitian pada artikel ini menggunakan metode review literatur. Sumber yang dicantumkan merupakan sumber yang berasal dari jurnal yang relevan dengan topic yang dibahas. Hasil kajian diperoleh bahwa model Explicit Instruction senam fantasi merupakan sebuah strategi yang dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak autis. Anak dapat meningkatkan imajinasinya yang diwujudkan dalam gerakan, anak juga menjadi aktif dalam melakukan berbagai aktivitas, anak akan tertarik dalam kegatan belajar mengajar, anak juga tidak akan merasa bosan selama proses pembelajaran, dan dengan menggunakan model Explicit Instruction pada senam fantasi adalah kegiatan yang sesuai dengan karakteristik anak autis karena kegiatannya berbasis visual.
Kata Kunci: Autis, Explicit Instruction, Motorik, Fantasi
The purpose of this study was o analysis descriptive use of Explicit Instruction of fantasy gymastics against the groos motor skill of autistic children. The reseach mathod in this artucles uses the literatur review method. Sources listed are sources derived from journals that are relevat to the topic discussed. the results of the study were obtained that the Explicit Instruction model of fantasy gymanastics is a startegy that can improve the groos motor skills pof autistic chilidren will be interested in teaching and learning activities, chilidres also will not feel bored during the learning proces, and by using the Explicit Instruction model in fantasy gymastics is an activity that is accordance with characteristics of chilidren with autism because itsacivitiesare visual based.
Keywords : Autism, Explicit Instruction, Motoric, Fantasy.