Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Surabaya Terhadap Penggunaan Dompet Digital Gopay
Analysis of Factors Influencing the Interest of Surabaya Community in Using Gopay Digital Wallet
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis apakah faktor kebudayaan, sosial, pribadi, psikologi, harga, tempat, promosi, dan produk mempengaruhi minat masyarakat kota Surabaya dan juga ingin mengetahui apakah faktor dominan yang mempengaruhi minat masyarakat Surabaya terhadap penggunaan dompet digital Gopay. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan seluruh pengguna dompet digital Gopay di kota Surabaya dengan menggunakan metode teknik pengambilan sampel “purposive sampling” dengan menggunakan rumus Lemeshow penentuan sampel dalam penelitian ini didapatkan 103 responden. Analisis yang digunakan, analisis faktor. Perhitungan regresi linier berganda pada penelitian ini menggunakan program SPSS 29.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 faktor yang terbentuk yakni tempat, produk, sosial, dan pribadi. Faktor taktor tempat menjadi faktor dominan berdasarkan nilai eigenvalue 13,353 dengan nilai cumulative 51,358%
Keywords: Gopay; Fintech; Kebudayaan; Sosial; Pribadi; Harga; Tempat; Promosi; Produk
This study aims to determine, explain, and analyze whether cultural, social, personal, psychological, price, place, promotion, and product factors affect the interest of the people of Surabaya city and also want to know whether the dominant factor influences the interest of Surabaya people in using the Gopay digital wallet. In this study, the population used was all Gopay digital wallet users in the city of Surabaya using the "purposive sampling" sampling technique method using the Lemeshow formula for determining the sample in this study obtained 103 respondents. The analysis used, factor analysis. Multiple linear regression calculations in this study used the SPSS 29.0 for windows program. The results showed that there were 4 factors formed, namely place, product, social, and personal. The place factor is the dominant factor based on the eigenvalue of 13.353 with a cumulative value of 51.358%.
Keywords: Gopay; Fintech; Culture; Social; Individu; Price; Place; Promotion; Product