Creative Thinking Process of Junior High School Students in Open-Ended Mathematic Problem Solving based on Mathematical Ability
Tantangan persaingan di masa depan semakin lama akan semakin ketat. Untuk menjawab tantangan tersebut diperlukan kompetensi lulusan yang tidak hanya terampil, tetapi juga kreatif. Proses berpikir kreatif merupakan proses berpikir seseorang dalam menemukan ide baru dengan empat tahapan yakni mensintesis ide, membangun ide, merencanakan penerapan ide, dan menerapkan ide. Masalah matematika open-ended merupakan salah satu media yang dapat digunakan guru untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa. Apabila proses berpikir kreatif siswa dengan tingkat kemampuan matematika berbeda dapat dideskripsikan, maka diharapkan akan dapat memberikan mandaat untuk mengoptimalkan pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika open-ended ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Taman. Berdasarkan hasil tes kemampuan matematika, siswa dikelompokkan dalam tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Kemudian dari setiap kategori dipilih satu siswa sebagai subjek dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tugas dan wawancara. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yakni pada tahap mensintesis ide, siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah melakukannya berdasarkan pengalaman di kelas serta dengan pengetahuan yang telah diketahui. Pada tahap membangun ide, siswa dengan kemampuan matematika tinggi memunculkan dua ide, sedangkan siswa dengan kemampuan matematika sedang dan rendah memunculkan tiga ide. Pada tahap merencanakan pelaksanaan ide siswa berkemampuan tinggi dan melakukannya dengan lancar dan produktif. Begitu pula pada tahap penerapan ide, siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah memberikan dua alternatif jawaban untuk menyelesaikan masalah yang diberikan.
The challenge of competition in the future will be increasingly stringent. To answer these challenges requires the competence of graduates who are not only skilled, but also creative. The creative thinking process is a person's thinking process in finding new ideas with four stages, namely synthesizing ideas, building ideas, planning the implementation of ideas, and implementing ideas. Open-ended math problems are a medium that teachers can use to find out students' creative thinking processes. If the creative thinking process of students with different levels of mathematical ability can be described, it is hoped that it will be able to provide a mandate to optimize mathematics learning. The purpose of this research is to describe the process of creative thinking of junior high school students in solving open-ended math problems in terms of mathematical abilities. This research is a qualitative descriptive study conducted in class VIII SMP Muhammadiyah 2 Taman. Based on the results of the math ability test, students are grouped into three categories, namely high, medium, and low. Then from each category one student was selected as a subject in this study. Data collection method used is the method of assignment and interviews. The results obtained in this study were that at the stage of synthesizing ideas, students with high, medium, and low mathematical abilities did so based on classroom experience and with known knowledge. At the idea-building stage, students with high mathematical abilities came up with two ideas, while students with moderate and low math abilities came up with three ideas. At the stage of planning the implementation of high-ability students' ideas and doing it smoothly and productively. Likewise, at the stage of implementing the idea, students with high, medium, and low mathematical abilities provided two alternative answers to solve the given problem.