PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATERI KEBUGARAN JASMANI KELAS X
ABSTRAK
Rifai, Bakhtiar. 2021. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia pada Materi Kebugaran Jasmani Kelas X. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr Nanik Indahwati, M.Or (II) Dr. Gigih Siantoro,M.Pd
Kata Kunci: pengembangan, LKPD, multimedia, kebugaran jasmani.
Penelitian ini bertujuan mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) materi kebugaran jasmani kelas sepuluh pada aspek yang meliputi (1) pengembangan model lembar kegiatan peserta didik ((2) pengembangan konten lembar kegiatan peserta didik.
Dalam penelitian yang berpendekatan kualitatif dan kauntitatif ini, bila ditinjau dari sudut pemerolehan produk, digunakan metode pengumpulan data kelayakan produk menggunakan penilaian ahli dan data angket hasil uji coba. Data yang berbentuk skor ditabulasi kemudian di rata – rata dan dikonversikan agar skor yang ada bernilai dan menjadi perbaikan pada produk yang dikembangkan. Sedangkan data bentuk kualitatif dilakukan tabulasi seluruh masukan dan saran untuk dilakukan perbaikan produk.
Hasil validasi kelayakan LKPD berdasarkan aspek format, syarat didatik, syarat konstruksi dan syarat teknik didapatkan skor 4,5 dari validasi ahli pendidikan sehingga mendapatkan kategori sangat layak. Hasil validasi kelayakan LKPD berdasarkan aspek tampilan, penggunaan, dan organisasi didapatakan skor 3,8 berkategori layak. Hasil uji coba pertama mendapatkan skor 4 berkategori layak pada aspek penggunaan, tampilan dan konten. Hasil uji coba kedua mendapatkan skor 3,9 berkategori layak.
Simpulan penelitian ini menghasilkan produk LKPD berbasis multimedia pada materi kebugaran jasmani kelas X, yang berbentuk e – book berisikan 15 halaman dengan besar data 75 mb. Kelayakan pengembangan LKPD berbasis multimedia pada materi kebugaran jasmani kelas X di SMAN 3 Pasuruan berdasarkan pada penilaian dari para (a) Ahli Pendidikan, mendapatkan rerata skor keseluruhan 4,2 dengan kategori layak. (b) Ahli media mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,8 dengan kategori sangat layak, (c) uji coba pertama / skala kecil mendapatkan rerata skor keseluruhan 4. dengan kategori layak atau model dan koten LKPD yang dikembangkan sesuai dengan siswa, (d) Uji coba kedua /skala besar mendapatkan rerata skor keseluruhan 3.9 dengan kategori layak atau model dan konten LKPD yang dikembangkan sesuai dengan siswa. Berdasarkan tersebut maka LKPD berbasis multimedia pada kompetensi 3.4 dan 4.4 konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani kelas X di SMAN 3 Pasuruan pada tiap aspek yang dikembangkan layak untuk digunakan dan sesuai dengan siswa sehingga layak diproduksi untuk pembelajaran.
ABSTRACT
Rifai, Bakhtiar. 2021. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia pada Materi Kebugaran Jasmani Kelas X. Thesis of Sport Education Study Program, Postgraduate Universitas Negeri Surabaya, Advisor: (1) Dr Nanik Indahwati, M.Or (II) Dr. Gigih Siantoro,M.Pd
Keywords: development, LKPD, multimedia, physical fitness.
This study aims to develop student worksheets (LKPD) for tenth-grade physical fitness material in aspects that include (1) development of student activity sheet models (2) development of student activity sheet content.
In this qualitative and quantitative approach, if viewed from the point of view of the product acquisition, product feasibility data collection methods are used using expert judgment and questionnaire data from trial results. Data in the form of scores are tabulated and then averaged and converted so that the existing score is valuable and becomes an improvement on the product being developed. While the form data qualitatively, all inputs and suggestions were tabulated for product improvement.
The results of the validation of the feasibility of the LKPD based on aspects of the format, didactic requirements, construction requirements, and technical requirements obtained a score of 4.5 from the validation of educational experts so that they were categorized as very feasible. , use and organization got a score of 3.8 in the proper category. The results of the first trial got a score of 4 in the proper category on aspects of use, appearance, and content. The results of the second trial got a score of 3.9 in the decent category.
The conclusion of this study resulted in a multimedia-based LKPD product on physical fitness material for tenth-grade, in the form of an e-book containing 15 pages with a data size of 75 MB. The feasibility of developing multimedia-based LKPD on physical fitness material for tenth-grade at Senior High School 3 Pasuruan is based on the assessment of (a) Education Experts, getting an overall average score of 4.2 with a decent category. (b) Media experts got an overall average score of 3.8 with a very feasible category, (c) the first trial / small scale got an overall average score of 4. with a decent category or model and content of LKPD developed according to students, (d) Test the second try / large scale get an overall score average of 3.9 with a decent category or model and LKPD content developed according to students. Based on this, the multimedia-based LKPD on competencies 3.4 and 4.4 the concept of exercise and measuring the components of physical fitness for tenth-grade at Senior High School 3 Pasuruan in each aspect developed is suitable for use and appropriate for students so that it is feasible to be produced for learning.