ABSTRAK
Mira Ustanti. 2019. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Autoplay Studio 8 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Untuk Siswa SMA Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi. Tesis, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Bambang Suratman, M.Pd., dan (II) Dr. Norida Canda Sakti, M.Si.
Kata kunci: Multimedia Pembelajaran, Autoplay Studio 8, Mata Pelajaran Ekonomi, Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perbedaan multimedia pembelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi sebelum dan sesudah dikembangkan, mendeskripsikan kelayakan dan efektivitas penggunaan multimedia pembelajaran ekonomi berbasis Autoplay Studio 8 materi perkoperasian terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi.
Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan atau yang biasa disebut dengan research and development (R&D). Metode pengembangan menggunaan metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi dengan jumlah 28 siswa. Data yang digunakan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa adalah dari perbandingan nilai pretest dan setelah diberi perlakuan (posttest).
Temuan hasil penelitian pengembangan multimedia pembelajaran ini yaitu: 1) Adanya perbedaan multimedia pembelajaran sebelum dan sesudah dikembangkan yaitu sebelumnya berbasis Powerpoint kemudian dikembangkan menggunakan Autoplay Studio 8; (2) Multimedia pembelajaran ekonomi berbasis Autoplay Studio 8 materi perkoperasian untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi dinyatakan sangat valid sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran, dengan rincian validasi ahli materi sebesar 87,5%, validasi ahli media sebesar 90% dan hasil respon siswa sebesar 93,05%; (3) Multimedia pembelajaran ekonomi berbasis Autoplay Studio 8 materi perkoperasian untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi dinyatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Kriteria keefektifan multimedia pembelajaran ekonomi berbasis Autoplay Studio 8 diperoleh dari hasil keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar. Berdasarkan output 1 uji paired sample t-test diketahui nilai mean pretest sebesar 56,43 sedangkan nilai mean posttest sebesar 75,00. Hasil output 2 uji paired sample t-test menunjukkan nilai t hitung sebesar -27,577 dan nilai sig. (2tailed) sebesar 0,000 < 0,05 hal ini berarti ada perbedaan signifikan antara pretest dengan posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran ekonomi berbasis Autoplay Studio 8 materi Perkoperasian dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi.
ABSTRACT
Mira Ustanti. 2019. Development Of Learning Multimedia Based On Autoplay Studio 8 In Economics Lesson For Students SMA Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi.Thesis, Study Programme of Economics, Graduate of State University of Surabaya. Supervisor: (I) Prof. Dr. Bambang Suratman, M.Pd., and (II) Dr. Norida Canda Sakti, M.Si.
Keywords: Multimedia Learning, Autoplay Studio 8, Subjects Economics, Learning Outcomes
This study aimed to describe how different multimedia learning economy class X SMA Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi before and after development, describe the feasibility and effectiveness of the use of economic learning multimedia based on Autoplay Studio 8 cooperative material on the results of class X student IPS 2 SMA Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi.
This research was research and development (R & D). The method uses the method development ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The sample in this research is class X IPS 2 SMA Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi with 28 students. Data used to see improving student learning outcomes are of comparative value of pretest and after being given treatment (posttest).
Multimedia development research findings of this study are: 1) The big difference before and after the learning multimedia formerly based Powerpoint developed is then developed using Autoplay Studio 8; (2) Multimedia economic learning based on Autoplay Studio 8 cooperative material for class X SMA Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi expressed very valid making it feasible for use in learning, with validation details matter experts of 87.5%, a media expert validation by 90% and the student's response amounted to 93.05%;(3) Multimedia economic learning based on Autoplay Studio 8 cooperative material for class X SMA Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi otherwise effective for use in learning. Criteria for the effectiveness of multimedia economic learning based on Autoplay Studio 8 obtained from the enforceability of learning, student activities and improved learning outcomes. Based on the output of 1 paired sample t-test, it was found that the mean pretest value was 56.43 while the mean value of the posttest was 75.00. The output two paired samples t-test showed the value of t count equal-27.577 and sig. (2tailed) of 0.000 <0.05 this means that there is a significant difference between pretest to posttest. Thus, it can be concluded that the use of multimedia economic learning based on Autoplay Studio 8 cooperative material can improve the results of class X student IPS 2 SMA Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi.