MAKIAN DALAM FILM DĀNG NÁN RÉN LIÀN'ÀI SHÍ《当男人恋爱时》 KARYA YIN CHEN-HAO
CURSING IN THE FILM DĀNG NÁN RÉN LIÀN'ÀI SHÍ《当男人恋爱时》 BY YIN CHEN-HAO
Makian digunakan untuk mengekspresikan perasaan yang sedang dirasakan seseorang seperti marah, kesal, dan lain sebagainya. Penggunaan makian dapat dijumpai dalam berbagai media salah satunya film. Makian yang terdapat dalam film bertujuan untuk mengungkapkan berbagai macam ekspresi yang dirasakan oleh para tokoh dalam film. Film berbahasa Mandarin yang banyak mengandung unsur makian adalah film Dāng Nánrén Liàn'ài Shí《当男人恋爱时》 Karya Yin Chen-Hao. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk dan fungsi makian dalam film Dāng Nánrén Liàn'ài Shí《当男人恋爱时》 Karya Yin Chen-Hao.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif karena berfokus pada penggunaan makian dalam tuturan antartokoh, kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan yang memungkinkan pemahaman mendalam mengenai bentuk dan fungsi yang terkandung dalam penuturan makian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis data dan menggunakan metode deskriptif untuk menyajikan hasil analisis data penelitian mengenai penggunaan makian dalam film Dāng Nánrén Liàn'ài Shí《当男人恋爱时》 Karya Yin Chen-Hao.
Hasil analisis data yang ditemukan adalah bentuk makian yang ditemukan dalam film Dāng Nánrén Liàn'ài Shí《当男人恋爱时》 Karya Yin Chen-Hao mencakup lima dari delapan jenis makian menurut teori Wijana yaitu makian jenis keadaan, binatang, bagian tubuh, kekerabatan, dan aktivitas. Makian jenis keadaan lebih banyak ditemukan karena para tokoh sering menggunakan makian yang memiliki unsur keadaan. Makian bentuk makhluk halus, benda-benda, dan pekerjaan tidak ditemukan karena latar film yang sama sekali tidak berhubungan dengan dunia spiritual, tidak berhubungan dengan benda-benda menjijikkan, dan tidak ditemukannya pekerjaan yang melanggar hukum. Fungsi makian yang ditemukan dalam film Dāng Nánrén Liàn'ài Shí《当男人恋爱时》 Karya Yin Chen-Hao mencakup empat dari 5 fungsi makian menurut teori Andersson yaitu fungsi expletive, abusive, humoristic, dan habitual. Makian fungsi abusive lebih banyak ditemukan karena penutur menggunakan makian untuk meluapkan emosi, mengejek, dan mengancam lawan tuturnya. Fungsi makian euphemistic tidak ditemukan karena para tokoh menuturkan makian secara abusive yang langsung menyerang ke petutur tanpa harus memperhalus makian yang sedang dituturkan .
Swearing is used to express the emotions someone is feeling, such as anger, frustration, and so on. The use of swearing can be found in various media, one of which is film. The swearing in films aims to convey the diverse expressions felt by the characters. A Mandarin-language film that contains many elements of swearing is the film Dāng Nánrén Liàn'ài Shí《当男人恋爱时》 by Yin Chen-Hao. This study aims to describe the forms and functions of swearing in the film Dāng Nánrén Liàn'ài Shí《当男人恋爱时》 by Yin Chen-Hao.
This research is qualitative in nature because it focuses on the use of swearing in the dialogues between characters, which is then analyzed using an approach that allows an in-depth understanding of the forms and functions contained in the swearing utterances. This is descriptive qualitative research, utilizing a qualitative approach to analyze the data and a descriptive method to present the results of the data analysis regarding the use of swearing in the film Dāng Nánrén Liàn'ài Shí《当男人恋爱时》 by Yin Chen-Hao.
The data analysis results found that the forms of swearing in the film Dāng Nánrén Liàn'ài Shí《当男人恋爱时》 by Yin Chen-Hao include five of the eight types of swearing according to Wijana’s theory: state swearing, animal swearing, body part swearing, kinship swearing, and activity swearing. State swearing is found most frequently because the characters often use swearing that has elements of state. Swearing forms like supernatural beings, objects, and occupations are not found because the film's setting is not related to the spiritual world, disgusting objects, or illegal occupations. The functions of swearing found in the film Dāng Nánrén Liàn'ài Shí《当男人恋爱时》 by Yin Chen-Hao include four of the five swearing functions according to Andersson’s theory: expletive, abusive, humorous, and habitual. Abusive swearing is found most frequently because the speakers use swearing to express emotions, mock, and threaten their interlocutors. Euphemistic swearing is not found because the characters utter swearing abusively, directly attacking the listener without softening the uttered swearing.