EFL TEACHERS' MOTIVATIONAL STRATEGIES IN TEACHING SPEAKING SKILL
ABSTRAK
Gawa, Dila Maya Titian. 2024. Strategi Motivasi Guru EFL dalam Mengajar Ketrampilan Berbicara. Tesis yang tidak diterbitkan: Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing I: (I) Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D., dan Pembimbing II (II) Prof. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D.
Kata Kunci: Guru EFL, Strategi Motivasi, Ketrampilan Berbicara, Respon dan Persepsi Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi motivasi guru EFL dalam mengajar ketrampilan berbicara dengan melihat praktik MTP guru EFL, untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi motivasi terhadap motivasi siswa berdasarkan persepsi mereka terhadap strategi pengajaran motivasi dan bagaimana tanggapan siswa terhadap strategi tersebut. Praktik strategi motivasi guru EFL dalam mengajar berbicara.
Dari segi penelitian deskriptif, penelitian ini menggunakan desain kualitatif. Ini mengkaji praktik strategi motivasi guru di kelas berbicara dan bagaimana siswa merespon strategi motivasi guru. Secara khusus, penelitian ini dilakukan di salah satu kelas STKIP PGRI Nganjuk dari bulan September 2023 hingga November 2023. Subjek penelitian adalah guru dan siswa perguruan tinggi EFL. Tiga metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: observasi, wawancara dan kuesioner.
Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Guru EFL menggunakan sepuluh jenis strategi motivasi. (2) Sejauh mana strategi motivasi guru EFL mempengaruhi motivasi siswa tergolong dalam tiga jenis (i) dalam skala kecil (ii) dalam skala sedang (iii) dalam skala besar. (3) Tanggapan siswa terhadap strategi motivasi guru EFL. Penelitian ini menemukan bahwa guru memiliki peran penting dalam memotivasi siswa, membina lingkungan kelas yang mendukung, dan membangun. Guru membina hubungan positif dengan siswa, membuat materi pembelajaran yang menarik dan memberikan penghargaan, nilai dan umpan balik. Taktik memotivasi guru meningkatkan semangat siswa untuk belajar, khususnya dalam Bahasa Inggris.
ABSTRACT
Gawa, Dila Maya Titian. 2024. EFL Teachers’ Motivational Strategies In Teaching Speaking Skill. Unpublished thesis. The Degree of Magister in the Education of Language and Literature, Post Graduate Program, State University of Surabaya. First advisor: (I) Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D and second advisor (II) Prof. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D.,
Keywords: EFL Teacher, Motivational Strategy, Speaking Skill, Students’ Responses and Perceptions
This study aims to explore EFL Teachers’ Motivational Strategy in teaching speaking skill by looking at the EFL teachers’ MTP practices, to know how the motivational strategies affect on students motivation based on their perceptions towards the motivational teaching strategy and how the students responses on the EFL teachers’ motivational strategy practices in teaching speaking.
In terms of a descriptive study, this research uses a qualitative design. It examines teacher’s motivational strategy practices in the speaking classroom and how the students respond to the teacher’s motivational strategies. In particular, the study is conducted in one of the class of STKIP PGRI Nganjuk from September 2023 through November 2023. The study’s subject is EFL college teachers and students. Three methods are employed to gather data : observation, interview and quessionaire.
The study findings as follows: (1) EFL teacher used ten kinds of motivational strategies (2) The extent of EFL teachers’ motivation strategies affecting student's motivation in three types (i) to small extent (ii) moderate extent (iii) large extent. (3) Students responses towards EFL teacher’s motivational strategies. This research found that teachers have a crucial role in motivating students, fostering a supportive classroom environment, and building. Teachers foster positive relationships with students, create engaging learning materials, and provide rewards, grades, and feedback. Teachers' motivating tactics increased pupils' drive to study, particularly in English.