Dalam proses pembelajaran, karakter rasa ingin tahu sangatlah berperan penting. Karakter rasa ingin tahu mampu memotivasi peserta didik untuk mempelajari sesuatu secara mendalam dengan menarik. Salah satu kegiatan yang mampu membuat pembelajaran menarik ialah dengan membuat mind map. Mind map yang dibuat dengan aplikasi mampu membuat peserta didik memahami konsep fisika. Selain itu diperlukan pula model pembelajaran dalam menunjang penguasaan konsep peserta didik. Salah satu pembelajaran yang efektif ialah pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode mind map. Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan, yaitu mendiskripsikan (1) keterlaksanaan pembelajaran, (2) hasil belajar peserta didik, serta (3) respon peserta didik setelah kepada peserta didik itu diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan metode mind map pada materi Hukum Newton Tentang Gerak. Jenis penelitian ini ialah pre-experimental design. Rancangan penelitian ini menggunakan one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yaitu analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis hasil pre-test dan post-test, analisis keterampilan mind map, dan analisis respon peserta didik. Hasil menunjukkan bahwa: (1) kegiatan pembelajaran yang menerapkan model inkuiri terbimbing menggunakan metode mind map materi Hukum Newton Tentang Gerak terlaksana dengan baik, (2) hasil belajar pada kedua kelas sampel mengalami peningkatan yang signifikan. Nilai n-gain pada kedua kelas mendapatkan intrepetasi sedang dengan skor 0,63 di kelas X MIPA 2 dan 0,61 di kelas X MIPA 5, (3) respon peserta didik terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode mind map pada materi Hukum Newton Tentang Gerak sangat baik. Peserta didik merasa senang, dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, berani mengungkapkan pendapat, dan materi dapat lebih mudah dipahami apabila menggunakan mind map saat melakukan kegiatan pembelajaran.
Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Mind Map, Hasil Belajar
In the learning process, character of curiosity is very important. Character of curiosity is able to motivate students to learn something in depth with interest. One activity that is able to make learning interesting is to create a mind map. Mind map created with applications can make students understand the concepts of physics. A learning model is also needed to support the mastery of students concepts. One effective learning is guided inquiry learning with mind map method. This research aims to described: (1) accomplishment learning activities, (2) student learning outcomes, and (3) student responses after the guided inquiry with mind map method on Newton's Law of Motion is applied. This type of research is pre-experimental design. The design of this study use one group pre-test post-test design. The technique of collecting data use validation, observation, tests, and questionnaires. Data analysis techniques are analysis the implementation of learning, the results of pre-test and post-test, analysis of mind map skills, and analysis of student responses. The result shows that: (1) the implementation of guided inquiry with mind map method on Newton’s Law Motion carries out well, (2) learning outcomes in both sample classes experienced a significant increase. The n-gain value in both classes received moderately interpretation with a score 0.61 in X MIPA 5 and a score of 0.63 in X MIPA 2, (3) guided inquiry with mind map method on Newton’s Law of Motion obtains very well responses from student. Students feel happy, can be more active in learning activities, dare to express opinions, and can be more easily understood when using mind maps.
Keywords: Guided Inquiry, Mind Map, Learning Outcomes.