ABSTRAK
PENGARUH MEDIA e-SCRAPBOOKTERHADAP KETRAMPILAN MENULIS TEKS PROFIL TOKOH KELAS VII SMPN 9 MOJOKERTO
Nama : Khasanah
NIM : 13020114054
Program Studi : S-1
Jurusan : pendidikan Bahasa dan Sastra Dhaerah
Fakultas : Bahasa lan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Latif Nur Hasan, S. Pd., M. Pd.
Tahun : 2019
Ketrampilan menulis dilakukan dalam pembelajaran bahasa, khususnya bahasa Jawa. Salah satu Kompetensi Dasar dalam silabus kurikulum 2013 bahasa Jawa yaitu “mengapresiasi secara lisan dan tulis teks profil tokoh”. Pembelajaran menulis teks profil tokoh membutuhkan usaha untuk menciptakan proses pembelajaran yang bisa menarik minat dan perhatian para siswa. Usaha tersebut yaitu menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran yang dimaksud yaitu media e-Scrapbook. Media e-Scrapbook dipilih dalam penelitian ini untuk memudahkan siswa dalam menerima pembelajaran dan meningkatkan ketrampilan menulis terhadap materi menulis teks profil tokoh.
Berdasarkan pernyataan tersebut maka dapat diambil rumusan penelitian yaitu (1) bagaimana hasil pembelajaran menulis teks profil tokoh tanpa menggunakan medhia e-Scrapbook terhadap siswa, (2) bagaimana hasil pembelajaran menulis teks profil tokoh menggunakan medhia e-Scrapbook terhadap siswa, (3) bagaimana pengaruh medhia e-Scrapbook dalam pembelajaran menulis teks profil tokoh untuk siswa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menjelaskan peningkatan pembelajaran menulis teks profil tokoh tanpa menggunakan media e-Scrapbook,(2) menjelaskan peningkatan pembelajaran menulis teks profil tokoh menggunakan media e-Scrapbook (3) menjelaskan pengaruh media e-Scrapbook terhadap ketrampilan menulis teks profil tokoh para siswa.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Quasi Experimental Design dengan model Nonquivalen Control Group Design. Pengambilan sampel dengan cara sampling puposive, yaitu sampel telah ditentukan. Sampel yang ditentukan yaitu kelas kontrol (7B) dan kelas eksperimen (7A). Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali yaitu penelitian pertama dan penelitian kedua.
Hasil penelitian 1 dan 2 yaitu media e-Scrapbook memiliki pengaruh yang signifikan antara kelas kontrol yang tanpa media e-Scrapbook dan kelas eksperimen yang menggunakan e-Scrapbook. Hasil penelitian yang dihitung menggunakan uji t menghasilkan t hitung = 2,61 > t tabel = 2,000 (0,05 dengan db = 64-2 = 62) pada penelitian 1 dan penelitian ke 2 t hitung = 3,16 > t tabel = 2,000 (0,05 kanthi db = 64-2 = 62). Kesimpulannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima. H1 diterima karena t hitung> t tabel, juga didukung dengan sampel yang telah ditentukan dan respon siswa 90% sangat setuju dan setuju menggunakan media e-Srapbook dalam pembelajaran menulis teks profil tokoh.
Kata Kunci : e-Scrapbook, ketrampilan, menulis teks profil tokoh
ABSTRACT
THE INFLUENCE OF e-SCRAPBOOK MEDIA ON SKILLS WRITING TEXT PROFILE CLASS VII SMPN 9 MOJOKERTO
Name : Khasanah
Study Program : S-1
Department : language education and regional literature
Faculty : language and art
University : Universitas Negeri Surabaya
Preceptor : Latif Nur Hasan, S. Pd., M. Pd.
Year : 2019
Writing skills are carried out in language learning, especially Javanese. One of the Basic Competencies in the 2013 curriculum in the syllabus of the Javanese language is "appreciating the analysis of the professional and professional profiles". Learning to write a character profile text requires effort to create a learning process that can attract students' interests and attention. The effort is to use learning media. Learning media in question are e-Scrapbook media. The e-Scrapbook media was chosen in this study to facilitate students in accepting learning and improve writing skills on the material of writing character profile text.
Based on this statement, the research formulation can be taken, namely (1) how the learning outcomes of writing character profile text without using the e-Scrapbook media for students, (2) how the learning outcomes of writing character profile text using the e-Scrapbook media towards students, (3) how the effect of the e-Scrapbook media in learning to write character profile text for students. The objectives of this study are (1) to explain the increase in learning to write character profile text without using e-Scrapbook media, (2) to explain the increase in learning to write character profile text using e-Scrapbook media (3) to explain the effect of e-Scrapbook media on the skills of writing character profile text the students.
This study uses the Experimental Design Experiment Design method with the Nonquivalent Control Group Design model. Sampling by means of puposive sampling, the sample has been determined. To determine the control class (7B) and the experimental class (7A). This research was conducted twice, the first and the second.
The results of research 1 and 2, namely the e-Scrapbook media have a significant influence between the control class without e-Scrapbook media and the experimental class using e-Scrapbook. The results of the study were calculated using the t test to produce t arithmetic = 2.61> t table = 2,000 (0.05 with db = 64-2 = 62) in study 1 and the second study t count = 3.16> t table = 2,000 (0.05 kanthi db = 64-2 = 62). The conclusion is that H0 is rejected and H1 is accepted. H1 was accepted because t arithmetic> T table, also supported by a predetermined sample and 90% student response strongly agreed and agreed to use the e-Srapbook media in learning to write character profile text.
Keyword : e-Scrapbook, skills, writing the profile text of a character