ABSTRAK
PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN
ASPEK
AFEKTIF DAN KOGNITIF SISWA PADA
MATA
PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK
ILMU
PENGETAHUAN BAHAN
Nama :
Ilham Akbar Santoso
NI M : 1 2050524021
Program Studi : S1 Pendidikan Teknik Mesin
Jurusan/Fakultas : Teknik Mesin/Fakultas Teknik
Dosen Pembimbing : Dr s. I Made Muliatna, M.Kes.
Setiap kegiatan
belajar mengajar ada tiga aspek yang dicapai dalam diri peserta didik yaitu
perubahan aspek kognitif, perubahan aspek afektif dan aspek psikomotor.
Peningkatan aspek kognitif dan afektif sangat perlu dilakukan pada SMK Negeri 1
Kota Madiun dari aspek kognitif dan afektif masih kurang maksimal
dibandingkan dengan nilai KKM khususnya pada aspek kognitif. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar ranah kognitif dan ranah
afektif siswa SMK Negeri 1 Madiun; serta untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar ranah kognitif dan afektif siswa SMK Negeri 1 Madiun dalam penggunaan model pembelajaran Time Token pada metode demonstrasi.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tidakan Kelas (PTK). Penelitian ini
termasuk pada rancangan penelitian one
group pretest possttest. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Madiun.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TPM 2 SMK Negeri 1 Madiun, yaitu 33
siswa yang semuanya adalah putra. Teknik
analisis data yang digunakan adalah uji beda.
Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) T erdapat
perbedaan hasil belajar ranah kognitif siswa SMK
Negeri 1 Madiun dalam penggunaan mode l pembelajaran
Time Token pada metode
demonstrasi. Hasil penelitian tersebut telah mencapai indikator keberhasilan,
adalah 80% siswa SMK Negeri 1 Madiun mengalami ketuntasan belajar pada
pembelajaran teknologi mekanik menggunakan model pembelajaran Time
Token pada metode demonstrasi ; (2)
Terdapat perbedaan hasil belajar ranah afektif siswa SMK
Negeri 1 Madiun dalam penggunaan mode l pembelajaran
Time Token pada metode
demonstrasi. Hasil penelitian tersebut telah mencapai
indikator keberhasilan, adalah hasil belajar siswa ranah afektif meningkat
dengan kriteria sekurang-kurangnya baik pada
pembelajaran teknologi mekanik menggunakan model pembelajaran Time
Token pada metode
demonstrasi .
Kata Kunci : Ranah Kognitif, Ranah
Efektif, model pembelajaran
T i me Token, Metode Demontrasi