Pengembangan Perangkat Pembelajaran Etnosains "Kerapan Sapi" Berbasis Inkuiri Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Melalui Web
Development of an Inquiry-Based Ethnoscience Learning Tool "Kerapan Sapi" to Train Students' Scientific Literacy Skills Via the Web
Pembelajaran inkuiri dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis
etnosains menjadikan mahasiswa terlibat dalam eksplorasi dan penemuan konsep-
konsep sains melalui investigasi ilmiah dan interaksi budaya lokal dengan bantuan
teknologi yaitu web. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat
pembelajaran etnosains “Kerapan Sapi” berbasis inkuiri untuk melatihkan
kemampuan literasi sains mahasiswa melalui web yang layak (valid, praktis dan
efektif). Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE (Analyze, Design,
Development, Implementation and Evaluation). Sasaran penelitian mahasiswa S1
Pendidikan IPA Universitas Wiraraja Sumenep, Madura. Penelitian ini
menggunakan instrumen validasi dengan jumlah 3 validator, lembar observasi
keterlaksanaan pembelajaran dengan jumlah pengamat sebanyak 3 orang pengamat,
angket respon mahasiswa dan lembar tes TOSLS (Test of Scientific Literacy Skills)
dengan menggunakan 9 indikator literasi sains Gromally, 2012. Desain uji coba
yang digunakan one grup pre-test and postest design. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis validitas dan reabilitas, uji statistik Intraclass
Correlation Coefficients yang dimaknai sebagai konsistensi jawaban validator,
analisis kepraktisan menggunakan lembar keterlaksanaan perkuliahan, analisis
keefektifan menggunaka uji wilcoxon karena data berdistribusi tidak normal.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) perangkat dinyatakan valid dan reliabel
dinyatakan sangat valid dan reliabel dengan uji statistik Intraclass Correlation
Coefficients yang dimaknai sebagai konsistensi jawaban validator dalam kategori
good agreement, moderate agreement dan excellent agreement. (2) perangkat
dinyatakan praktis ditinjau dari keterlaksanaan perkuliahan ≥ 75% dengan kategori
positif (3) Perangkat dinyatakan efektif ditinjau dari perolehan N-gain dengan
kategori sedang dan tinggi, kemampuan literasi sains mahasiswa berdasarkan hasil
tes ≥ 75% kategori tinggi, secara statistik non parametrik dengan nilai probabilitas
Asymsig failed <0,05 menunjukkan hipotesis diterima, Respon mahasiswa
menyatakan perangkat perkuliahan kategori sangat baik dengan ≥ 75%.
Berdasarkan hal tersebut perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak untuk
digunakan dalam perkuliahan etnosains dalam rangka melatihkan kemampuan
literasi sains mahasiswa.
Inquiry learning using based learning tools
ethnoscience makes students involved in the exploration and discovery of concepts
science concepts through scientific investigations and local cultural interactions with the help of
technology, namely the web. The aim of this research is to produce a device
Ethnoscience learning "Kerapan Sapi" is inquiry-based to train
students' scientific literacy skills via a suitable web (valid, practical and
effective). This research uses the ADDIE research model (Analyze, Design,
Development, Implementation and Evaluation). Research targets for undergraduate students
Science Education, Wiraraja University, Sumenep, Madura. This research
using a validation instrument with 3 validators, observation sheet
implementation of learning with a total of 3 observers,
student response questionnaire and TOSLS test sheet (Test of Scientific Literacy Skills)
using 9 scientific literacy indicators Gromally, 2012. Trial design
used one group pre-test and posttest design. Data analysis techniques
used is validity and reliability analysis, intraclass statistical tests
Correlation Coefficients which are interpreted as the consistency of validator answers,
practical analysis using lecture implementation sheets, analysis
effectiveness of using the Wilcoxon test because the data is not normally distributed.
The research results show: (1) the device is declared valid and reliable
declared very valid and reliable with the Intraclass Correlation statistical test
Coefficients are interpreted as the consistency of validator answers in categories
good agreement, moderate agreement and excellent agreement. (2) device
declared practical in terms of lecture implementation ≥ 75% by category
positive (3) The device is declared effective in terms of the N-gain obtained with
medium and high categories, students' scientific literacy abilities based on results
test ≥ 75% high category, statistically non-parametric with probability values
Asymsig failed <0.05 indicates the hypothesis is accepted, Student response
stated that the lecture equipment was in the very good category with ≥ 75%.
Based on this, the learning tools developed are suitable for
used in ethnoscience lectures in order to practice skills
student scientific literacy.