Wayang potehi merupakan kebudayaan dari masyarakat Tionghoa di Indonesia. Keistimewaan wayang potehi terletak pada wayang dan pemain Tionghoanya. Wayang potehi berhasil bertahan di kota pesisir dan menyebar ke pedalaman termasuk di Kecamatan Gudo. Wayang potehi di Gudo tidak menggantungkan diri pada pemerintah atau pihak lain, Mereka menggunakan biaya pribadi dan keuntungan dari hasil pentunjukan. Bentuk wayang potehi peninggalan Sehu Tok su kwei sudah melenceng dari bentuk pakem, sehingga mendorong Pak Toni untuk mencari contoh pakem dari Tiongkok. Perjuangan Pak Toni akhirnya wayang potehi di Gudo berhasil menjadi pusat wayang potehi di Jawa Timur. Penelitian ini berfokus pada wilayah Kecamatan Gudo pada tahun 2001-2016.
Penelitian disusun berdasarkan rumusan masalah 1) Bagaimana perkembangan wayang potehi di Kecamatan Gudo mampu memotivasi masyarakat lokal melakukan reaktualisasi kebudayaan Tionghoa tahun 2001-2016?, 2) Bagaimana perkembangan wayang potehi setelah terjadinya reaktualisasi tahun 2001-2016?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah meliputi 1) Heuristik, mengumpulkan sumber wawancara pemain wayang potehi gudo, buku yang relevan, dan berita wayang potehi gudo, 2) Kritik terhadap sumber menemukan fakta bahwa terjadi sentripetal budaya dalam reaktualisasi, 3) Interpretasi mengkaitkan fakta bahwa reaktualisasi terjadi untuk untuk mengembalikan wayang potehi kembali ke pakemnya, dan 4) Historiografi, sebagai hasil akhir penelitian yang sesuai dengan tema penelitian.
Hasil penelitian ini menjelaskan tentang proses sentripetal dalam masyarakat Tionghoa dikarenakan kepercayaan mereka terhadap rekan sesama Tionghoa dimasuki persepsi budaya dan perilaku masyarakat Jawa seperti rasa bakti terhadap orang tua untuk merawat wayang potehi gudo. sehingga terjadi interaksi masyarakat Tionghoa dan Jawa masuk ke dalam ingroup mereka. Pembuatan wayang potehi dibuat oleh orang Jawa yang memiliki hubungan dengan kelenteng sebagai keluarga. Sentripetal budaya terjadi pada pemain dan wayang potehi membuatnya semakin mendekati aturan baku pagelarannya. Pemain Jawa berada sebagai asisten selama pembelajaran dan menjadi setara dengan pemain Tionghoa setelah mereka pantas dengan mafhum pada satu permainan wayang potehi. Asisten dalang baik Jawa atau Tionghoa bisa mengisi formasi peran pada posisi kosong setelah mereka handal. Dengan masuknya masyarakat Jawa kedalam masyarakat Tionghoa, membuat masyarakat Jawa mendapat kepercayaan memainkan wayang dan produksi wayang potehi sebagai hasil hasil reaktualisasi Pak Toni.
Hasil reaktualisasi berdampak pada bentuk wayang potehi, penambahan alat musik, dan pementasan. Bentuk wayang potehi mengacu pada bentuk kumpulan wayang potehi Pak Toni dengan bantuan pemain potehi yang bercampur Jawa, Pak Supangat, dan Bu Likah yang keturunan Jawa. Pada setiap pihak mendapatkan bagian sendiri, dengan mengacu pakem sesuai pengawasan Pak Toni.
Kata kunci : Reaktualisasi, Wayang Potehi, Gudo
Potehi Puppet is a culture of Chinese society in Indonesia. The specialty of the Potehi Puppet lies in the Chinese puppets and players. Potehi Puppets managed to survive in the coastal city and spread inland including in the District of Gudo. Potehi Puppet in Gudo does not depend on the government or other parties, they use personal costs and profits from the results of the show. The form of Potehi Puppet inherited from Sehu Tok su kwei has deviated from the standard form, thus encouraging Mr. Toni to look for examples of standard from China. Finally, Mr. Toni's struggle for the Potehi Puppet in Gudo succeeded in becoming the center of the Potehi Puppet in East Java. This research focuses on the Gudo District area in 2001-2016.
The research was compiled based on the formulation of the problem 1) How was the development of Potehi Puppets in Kecamatan Gudo able to motivate local people to re-actualize Chinese culture in 2001-2016 ?, 2) How was the development of Potehi Puppets after the re-actualization of 2001-2016 ?. This study used historical research methods including 1) Heuristics, collecting sources of interviews of puppet potehi gudo players, relevant books, and wayang potehi gudo news, 2) Criticism of sources finds the fact that there is a centripetal culture in re-actualization, 3) Interpretation relates the fact that re-actualization happened to return the Potehi Puppet to its standard, and 4) historiography, as the final result of the study that was in accordance with the research theme.
The results of this study explained the centripetal process in Chinese society because their belief in fellow Chinese is entered into Javanese people's cultural and behavioral perceptions such as devotion to parents to care for Potehi Gudo Puppets. So that interaction between Chinese and Javanese people entered into their in group. The making of Potehi Puppets is made by Javanese who has a relationship with the temple as a family. Cultural centripetal occurs with potehi players and puppets making it increasingly close to the standard rules of the performance. Javanese players were as assistants during learning and became equal to Chinese players after they deserved to understand one Potehi Puppet game. Assistant masters of either Javanese or Chinese can fill the role formation in an empty position after they are reliable. With the inclusion of Javanese society into Chinese society, the Javanese people gained the confidence to play puppets and the production of Potehi Puppets as a result of the re-realization of Mr. Toni.
Re-actualization results in the form of potehi puppet, addition of musical instruments, and performances. The Potehi Puppet form refers to the form of Mr. Toni's Potehi Puppet collection with the help of Javanese mixed potehi players, Mr. Supangat, and Javanese Mrs. Likah. Each party gets its part, concerning the standard according to Mr. Toni's supervision.
Keywords: Re-actualization, Potehi Puppet, Gudo