Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menangani Masalah Kedisiplinan Siswa Sekolah Menengah Pertama
The Role Of Guidance And Counseling Teachers In Dealing With Disciplinary Problems Of Junior High School Students
Penelitian ini didasarkan pada banyaknya fenomena mengenai tindak ketidak disiplinan yang dilakukan oleh siswa pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ada beberapa kasus yang ditemui oleh peneliti saat melakukan pengumpulan data dengan studi literatur, seperti halnya kasus pemukulan terhadap guru yang dilakukan oleh siswa SMP PGRI Wringinanom Gresik atau mungkin seperti kasus tawuran pelajar pelajar SMP yang ada dibekasi dan beberapa kasus lainnya. Oleh karenanya peneliti dalam penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui faktor penyebab minimnya kedisiplinan pada siswa (2) apa saja perilaku yang di timbulkan mengenai kurangnya kedisiplinan siswa di sekolah (3) bagaimana dampak dari kurangnya perilaku disiplin bagi siswa. (4) upaya guru bimbingan konseling dalam mengatasi kedisiplinan siswa. Metode pengumpulan data digunakan adalah dengan cara analisis artikel dan jurnal yang relevan, serta melakukan analisis isi, peneliti menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian ini adalah terbentuknya kajian mengenai faktor-faktor yang berhubungan dengan Self-Regulated Leraning yang mengacu pada jurnal dan artikel ilmiah yang sudah pernah dibuat dan disusun. Rekomendasi dari penelitian ini ialah untuk menangani permasalahan mengenai tindak ketidak disiplinan yang dilakukan oleh pelajar pada jenjang Sekolah Menengah Pertama maka dibutuhkan adanya pemaknaan dan pengaplikasian yang baik mengenai peran guru BK
Kata kunci : Bimbingan dan Konseling, Guru, Kedisiplinan, Siswa
This research is based on the many phenomena regarding indiscipline acts committed by students at the junior high school (SMP) level of education. There are several cases that were encountered by researchers when collecting data with literature studies, such as cases of beatings against teachers by students of SMP PGRI Wringinom Gresik or perhaps such as cases of brawls of junior high school students who were in Bekasi and several other cases. Therefore, the researchers in this study aimed to (1) determine the factors causing the lack of discipline in students (2) what the behaviors caused by the lack of discipline among students in schools (3) how was the impact of the lack of disciplinary behavior for students. (4) the counseling guidance teacher's efforts in overcoming student discipline. The data collection method used is by analyzing relevant articles and journals, as well as conducting content analysis. Researchers use content analysis techniques. The result of this research is the formation of studies on factors related to Self-Regulated Leraning which refers to journals and scientific articles that have been made and compiled. The recommendation of this study is to deal with the problem of indiscipline committed by students at the junior high school level, so there is a need for a good meaning and application of the role of guidance and counseling teachers.The result of this research is the formation of studies on factors related to Self-Regulated Leraning which refers to journals and scientific articles that have been made and compiled.
Keywords: Guidance and Counseling, Teacher, Discipline, Students