Remediasi Miskonsepsi Mahasiswa Melalui Representation-Metacognitive Reinforcement Conceptual Change Model (R-MR CCM)
Remediation of Student Misconceptions Through the Representation-Metacognitive Reinforcement Conceptual Change Model (R-MR CCM)
Dian Novita, 2024. Remediasi Miskonsepsi Mahasiswa Melalui Model Conceptual
Change of Representation-Metacognitive Reinforcement (CC-RMR). Disertasi, Program Studi S3 Pendidikan Sains, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Suyono, M.Pd. dan (II) Prof. Dr. Suyatno, M.Si.
Kata-kata Kunci: miskonsepsi, remediasi, metakognitif, conceptual change
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terdapatnya miskonsepsi dan rendahnya retensi pada pembelajaran remediasi. Miskonsepsi ini akan mengganggu pemahaman terhadap suatu konsep yang seharusnya menjadi dasar bagi seseorang untuk berpikir ke tingkat lebih lanjut dan melakukan pemecahan masalah. Berdasarkan proposisi-proposisi yang ada maka untuk memperbaiki miskonsepsi yang terjadi diperlukan kemampuan pemantauan diri terhadap pemikiran terutama terkait pemahaman representasi kimia dalam kajian tiga pertanyaan keilmuan melalui model remediasi Conceptual Change of Representation-Metacognitive Reinforcement (R-MR CCM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perubahan konsepsi dan retensi mahasiswa yang mengalami miskonsepsi dengan menggunakan model remediasi R-MR CCM dan mendeskripsikan retensi konsepsi setelah 2 minggu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode gabungan (mixed methods) yang merupakan gabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif, yaitu Concurrent Embedded Strategy. Subjek dalam penelitian ini adaląh mahasiswa calon guru kimia di Program Studi S1 Pendidikan Kimia FMIPA Unesa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Lima mahasiswa yang mengalami miskonsepsi pada tiap konsep melakukan remediasi dengan R-MR CCM pada konsep kesetimbangan dinamis, kesetimbangan kimia faktor konsentrasi, tekanan/volume, dan suhu.
Simpulan yang didapat adalah 1) proses perubahan miskonsepsi pada materi konsep kesetimbangan dinamis, kesetimbangan kimia faktor konsentrasi, tekanan/volume, dan suhu yang dilakukan mahasiswa terlihat pada tiap tahap remediasi R-MR CCM, yaitu Tahap 1: Verifikasi konsepsi awal/miskonsepsi; Tahap 2: Penciptaan Konflik Kognitif; Tahap 3: Pemberian bantuan untuk Ekuilibrasi; Tahap 4: Penggunaan Metakognitif terhadap Suatu Contoh Konsep; dan Tahap 5: Rekonstruksi Pemahaman dengan Metakognitif terhadap Suatu Contoh Konsep Lain yang Dibuat dan 2) retensi konsepsi bertahan baik setelah 2 minggu.
Temuan penelitian ini adalah 1) Model remediasi R-MR CCM yang menekankan pentingnya representasi dan penguatan metakognitif dalam perubahan konseptual juga menekankan bahwa strategi efektif yang dapat berbeda-beda untuk setiap individu, mengingat latar belakang pengetahuan dan pengalaman setiap individu yang berbeda, 2) Model remediasi R-MR CCM mengintegrasikan representasi dan penguatan metakognitif untuk membantu individu memahami dan mengatasi miskonsepsi secara bertahap. Pengintegrasian seperti ini efektif dalam mengurangi miskonsepsi dan membantu individu mempertahankan pemahaman yang benar dalam jangka panjang, 3) Tahapan remediasi dengan model remediasi Representation-Metacognitive Reinforcement Conceptual Change Model (R-MR CCM) merupakan suatu program remediasi miskonsepsi kimia berbasis individu yang terbukti dapat mengubah atau mengurangi miskonsepsi pada konsep kesetimbangan dinamis, kesetimbangan kimia faktor konsentrasi, tekanan/volume, dan suhu dengan retensi yang baik.
Kata kunci: R-MR CCM, remediasi, metakognitif, kesetimbangan kimia
ABSTRACT
Dian Novita, 2024. Remediation of Student Misconceptions Through Conceptual Models Change of Representation-Metacognitive Reinforcement (CC-RMR). Dissertation, Science Education Doctoral Study Program, FMIPA, Surabaya State University. Supervisor: (I) Prof. Dr. Suyono, M.Pd. and (II) Prof. Dr. Suyatno, M.Sc.
Key words: misconceptions, remediation, metacognitive, conceptual change
This research is motivated by the existence of misconceptions and low retention in remediation learning. This misconception will interfere with understanding a concept which should be the basis for someone to think at a further level and solve problems. Based on the existing propositions, to correct the misconceptions that occur, the ability to self-monitor thoughts is needed, especially regarding understanding chemical representations in the study of three scientific questions through the Conceptual Change of Representation-Metacognitive Reinforcement (R-MR CCM) remediation model. This study aims to describe the process of changing conceptions and retention of students who experience misconceptions using the R-MR CCM remediation model and describe conception retention after 2 weeks. The method used in this research is a mixed method which is a combination of qualitative and quantitative methods, namely Concurrent Embedded Strategy. The subjects in this research were prospective chemistry teacher students in the Undergraduate Chemistry Education Study Program, FMIPA Unesa, who were selected using a purposive sampling technique. Five students who experienced misconceptions about each concept carried out remediation with R-MR CCM on the concepts of dynamic equilibrium, chemical equilibrium, concentration factors, pressure/volume, and temperature.
The conclusions obtained are 1) the process of changing misconceptions in the material on the concept of dynamic equilibrium, chemical equilibrium of concentration factors, pressure/volume, and temperature carried out by students can be seen at each stage of R-MR CCM remediation, namely Stage 1: Verification of initial conceptions/misconceptions; Stage 2: Cognitive Conflict Creation; Stage 3: Providing assistance for Equilibration; Stage 4: Metacognitive Use of an Example Concept; and Stage 5: Metacognitive Reconstruction of Understanding of an Example of Another Concept Created and 2) retention of the concept persists well after 2 weeks.
The findings of this research are 1) The R-MR CCM remediation model which emphasizes the importance of metacognitive representation and strengthening in conceptual change also emphasizes that effective strategies can vary for each individual, considering the different background knowledge and experience of each individual, 2) The model R-MR CCM remediation integrates metacognitive representation and reinforcement to help individuals understand and overcome misconceptions gradually. This kind of integration is effective in reducing misconceptions and helping individuals maintain correct understanding in the long term. 3) Remediation stages using the Representation-Metacognitive Reinforcement Conceptual Change Model (R-MR CCM) is an individual-based chemical misconception remediation program that is proven to be able to change or reduce misconceptions on the concept of dynamic equilibrium, chemical equilibrium of concentration factors, pressure/volume, and temperature with good retention.
Key words: R-MR CCM, remediation, metacognitive, chemical equilibrium