Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir aljabar siswa SMP bergaya kognitif field dependent dan field independent dalam menyelesaikan masalah berdasarkan Taksonomi SOLO. Subjek penelitian ini terdiri atas dua siswa kelas IX SMP, setiap siswa memiliki gaya kognitif field dependent (FD) dan gaya kognitif field independent (FI). Data penelitian ini dikumpulkan melalui pemberian tes dan wawancara. Group Embedded Figures Test (GEFT) dan tes kemampuan matematika digunakan untuk menentukan siswa bergaya kognitif field dependent dan field independent dengan kemampuan matematika yang relatif sama. Tugas pemecahan masalah dan pedoman wawancara digunakan untuk mengumpulkan data berpikir aljabar siswa berdasarkan Taksonomi SOLO.
Berpikir aljabar pada pola meliputi dua subkategori, yaitu menemukan suku tertentu dan menggeneralisasikan pola yang diberikan. Berpikir aljabar pada representasi meliputi dua subkategori, yaitu merepresentasikan data dan mengintepretasi data. Berpikir aljabar pada variabel meliputi dua subkategori juga, yaitu dua variabel dan satu variabel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa berpikir aljabar siswa FD pada pola dengan subkategori menemukan suku tertentu pola yang diberikan dengan cara mengamati gambar/ bangun pada soal lalu menentukan bangun selanjutnya. Berpikir aljabar siswa FD pada pola dengan subkategori menggeneralisasikan pola yang diberikan cenderung pada level multistructural. Siswa FD menggunakan hubungan antar nilai suku yang diketahui untuk menghasilkan metode sistematik untuk mencari nilai setiap suku tertentu dan suku yang lebih tinggi dari pola yang diberikan. Siswa FD tidak dapat menggunakan aturan tersebut untuk menentukan semua suku pada pola yang ditanyakan. Berpikir aljabar siswa FD pada representasi dengan subkategori merepresentasikan data ke bentuk tabel dan diagram cenderung pada level multistructural, tetapi dalam bentuk grafik cenderung pada level prestructural. Siswa FD menyajikan beberapa data dengan benar dalam bentuk tabel dan diagram namun mengabaikan beberapa data atau kondisi yang merupakan ekstrapolasi dari data yang diberikan. Siswa FD belum mampu menyajikan data dalam bentuk grafik. Berpikir aljabar siswa FD pada representasi dengan subkategori menginterpretasikan data dalam bentuk diagram cenderung pada level relational karena mampu mengekstrapolasi dari data yang diberikan dan mampu membandingkan data dari diagram berdasarkan kedua sumbu dan menjelaskan hubungan dalam diagram. Berpikir aljabar siswa FD pada variabel dengan subkategori dua variabel cenderung pada level multistructural. Siswa FD tidak mengenali setiap kondisi variabel yang tidak dinyatakan secara eksplisit. Berpikir aljabar siswa FD pada variabel dengan subkategori satu variabel cenderung pada level prestructural. Siswa FD mengalami miskonsepsi mengenai operasi pada bentuk persamaan.
Berpikir aljabar siswa FI pada pola dengan subkategori menemukan suku tertentu pola yang diberikan dengan cara mengamati gambar/ bangun pada soal lalu menentukan bangun selanjutnya. Berpikir aljabar siswa FI pada pola dengan subkategori menggeneralisasikan pola yang diberikan cenderung pada level multistructural. Siswa FI menggunakan hubungan antar nilai suku yang diketahui untuk menghasilkan metode sistematik untuk mencari nilai setiap suku tertentu dan suku yang lebih tinggi dari pola yang diberikan, dia masih terdapat kesalahan pada saat melakukan generalisasi. Berpikir aljabar siswa FI pada representasi dengan subkategori merepresentasikan data ke bentuk tabel, grafik dan diagram cenderung pada level multistructural. Siswa FI menyajikan beberapa data dengan benar dalam bentuk tabel, grafik dan diagram namun mengabaikan beberapa data atau kondisi. Berpikir aljabar siswa FI pada representasi dengan subkategori menginterpretasikan data dalam bentuk diagram cenderung pada level relational karena mampu mengekstrapolasi dari data yang diberikan dan mampu membandingkan data dari diagram berdasarkan kedua sumbu dan menjelaskan hubungan dalam diagram. Berpikir aljabar siswa FI pada variabel dengan subkategori dua variabel cenderung pada level relational. Siswa FI mengenali semua kondisi variabel meskipun dinyatakan secara tidak eksplisit. Berpikir aljabar siswa FI pada variabel dengan subkategori satu variabel cenderung pada level multistructural. Siswa FI tidak memahami secara penuh peran variabel sebagai bilangan yang diperumum menggunakan beberapa bilangan tertentu untuk membuat kesimpulan umum.
This study aims to describe the algebraic thinking of junior high school students with field dependent and field independent cognitive styles in solving problems based on SOLO Taxonomy. The subjects of this study consisted of two students in grade 9, one student has a field dependent cognitive style (FD) and the other has field independent cognitive style (FI). The research data was collected by administering tests and interviews. Group Embedded Figures Test (GEFT) and mathematics ability test are used to determine students who are field dependent and field independent cognitive styles with relatively equal mathematical ability. Problem solving tasks and interview guidelines are used to collect students' algebraic thinking data based on SOLO Taxonomy.
Algebraic thinking on patterns includes two subcategories, namely finding a specific term of the given pattern and generalizing the given pattern. Algebraic thinking on representation includes two subcategories, namely representing data and interpreting and comparing the data on a diagram. Algebraic thinking on variables includes two subcategories as well, namely two variables and one variable. The results of the data analysis showed that the FD students' algebraic thinking on patterns with subcategories found certain terms of patterns given by observing the images/shapes in the problem and then determining the next shapes. FD students' algebraic thinking in patterns with subcategories generalizes the patterns tend to be at the multistructural level. FD student uses the relationship between known terms to produce a systematic method to find the value of each particular term the given pattern. FD student cannot use these rules to determine all terms in the pattern in question. FD students' algebraic thinking on representations with subcategories represents data in the form of tables and diagrams at the multistructural level, but in the graphic form tends to be at the prestructural level. FD student presents some data correctly in the form of tables and diagrams but ignores some data or conditions that are extrapolating from the given data. FD student has not been able to present data in graphical form. FD students' algebraic thinking on representation with subcategories interpreting data in the form of diagrams tends to be on the relational level because it can extrapolate from given data and be able to compare data from diagrams based on both axes and explain the relationships in diagrams. FD students' algebraic thinking on variables with a subcategory of two variables tends to be at the multistructural level. FD student does not recognize any variable conditions that are not stated explicitly. FD students' algebraic thinking on variables with a subcategory of one variable tends to be at the prestructural level. FD student experiences misconceptions about operations in the form of equations.
FI students' algebraic thinking on patterns with subcategories to find certain terms of patterns given by observing the image/build on the problem and then determine the next shape. Algebraic thinking of FI student on patterns with subcategories generalizing patterns tends to be at the multistructural level. The FI student uses the relationship between known term values to produce a systematic method to find the value of each particular term the given pattern, he still has errors when generalizing. FI students' algebraic thinking on representations with subcategories represents data in the form of tables, graphs, and diagrams at the multistructural level. FI student presents some data correctly in the form of tables, graphs, and diagrams but ignores some data or conditions. Algebraic students' thinking in representations with subcategories interpreting data in the form of diagrams tends to be on the relational level because he can extrapolate from given data and can compare data from diagrams based on both axes and explains the relationships in diagrams. FI students' algebraic thinking on variables with a subcategory of two variables tends to be on the relational level. FI student recognizes all variable conditions even though they are not explicitly stated. FI students' algebraic thinking on variables with a subcategory of one variable tends to be at the multistructural level. FI student does not fully understand the role of variables as general numbers using certain numbers to make general conclusions.