Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa, dan pengaruh layanan perpustakaan dan minatbaca secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMK Yapalis Krian Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI sebanyak 515 siswa, dan sampel yang digunakan yaitu sebanyak 225 siswa kelas XI di SMK Yapalis Krian Sidoarjo. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda karena penelitian ini menggunakan dua variabel independen. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda melalui program SPSS 21.0, dari hasil analisis data diperoleh persamaan sebagai berikut Y = a+0,068X1+0,156X2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial layanan perpustakaan berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa, ini dibuktikan dengan hasil thitung > ttabel (2,051 > 1,9707) dan nilai sig < 0,05 (0,041 < 0,05), demikian halnya dengan minat baca siswa secara signifikan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa ini dibuktikan dengan hasil thitung > ttabel (4,274 > 1,9707) dan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Selanjutnya, secara simultan layanan perpustakaan dan minat baca berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa ini dibuktikan dengan hasil uji F yang menyatakan Fhitung > Ftabel (22,476 > 3,04) dan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05) dan pengaruhnya sebesar 16,8%. Dapat diketahui untuk meningkatkan prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya layanan perpustakaan sebagai faktor eksternal dan minat baca sebagai faktor internal.
Kata kunci: Layanan Perpustakaan, Minat Baca, Prestasi Belajar Siswa
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of library service on student learning achievment, the effect of reading interest on student learning achievment, and the influence of library service and reading interest jointly on student learning achievment. This study uses a type of quantitative research. Technique for collecting data using observation, questionnare, and documentation. The population of this research were all students of class XIth, and the samples use were as many as 225 students of clas Xith Yapalis Vocational High School Krian Sidoarjo. Data analysis used is multiple regression analysis because this study uses two independent variabble. The data obtained were then analyzed using miltiple linear regression methods through the 21.0 SPSS program. From the results of the data analysis, the following equations are obtained Y = a+0,068X1+0,156X2. The results of this study indicate that partially library service have a significant effect on student’s learning achievment, this is proen by the results of tcount > ttable(2,051 > 1,9707) and value of significance < 0,05 (0,041 < 0,05) in this case, it show that students reading interest significantly influences student’s learning achievment as evidenced by the results tcount > ttable (4,274 > 1,9707) and value of significance < 0,05 (0,000 < 0,05). Then simultaneously library service and reading interest influences jointly on student learning achievment, this is proven by the Fcount > Ftable (22,476 > 3,04) and value of significance < 0,05 (0,000 < 0,05) and the effect is equal to 16,8%. Can be seen that to improve learning achievment is influenced by several factors, induding library service as external factors and reading interest as internal factors.
Keywords: Library Service, Reading Interest, Learning Achievment Student’s.