EFEK PERLAKUAN PANAS ARTIFICIAL AGING
PADA PADUAN AL6061 TERHADAP TINGKAT KEKERASAN DAN KEKUATAN TARIK
EFFECT OF HEAT TREATMENT WITH ARTIFICIAL AGING
IN AL6061 TO HARDNESS LEVELS AND TENSILE TESTS
ABSTRAK
PADA AL6061 YANG DILAPISI NIKEL TERHADAP TINGKAT KEKERASAN DAN UJI TARIK
Nama : Fajar Dwi Ardian
NIM : 16050754078
Program Studi : S1 Teknik Mesin
Jurusan : Teknik Mesin
Fakultas : Fakultas Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Arya Mahendra Sakti, S.T., M.T.
Sistem kapal laut terdiri dari beberapa komponen salah satunya adalah propeller, dilihat dari fungsinya tentu memeiliki peranan penting dalam menggerakan awak kapal, oleh karena itu beberapa hal perlu dicermati salah satunya sifat mekanik agar lebih kuat dan keras ketika terjadi benturan dengan karang atau batu dilaut lepas. Berdasarkan observasi di daerah pesisir, kebanyakan perahu nelayan yang sering beroperasi yaitu menggunakan propeller bahan paduan alumunium, yang sebenarnya bahan ini memiliki kekurangan yaitu nilai kekuatan dan kekerasan yang rendah. Maka dari itu perlu penambahan proses heat treatment agar dapat meningkatkan sifat mekanik, salah satunya dengan proses precipitation hardening yang melibatkan proses artificial aging.
Penelitian ini menggunakan metode experimen dengan tahapan antara lain: proses pengecoran paduan Al 6061 + Al Komersil, lalu di beri perlakuan artifical aging dengan variasi waktu tahan yaitu 4 jam, 5 jam, dan 6 jam. Setelah itu di uji nilai kekerasan Rockwell Hardness Tester skala HRb standar DIN 50103 dan kekuatan tarik berstandar JIS Z2201.
Harapan hasil penelitian ini adalah untuk mendapatkan nilai kekerasan dan kekuatan tarik optimal.
Kata Kunci: Propeller, pengecoran, Artifical aging, variasi holding time, nilai kekerasan, dan kekuatan tarik.
ABSTRACT
Name : Fajar Dwi Ardian
ID Number : 16050754078
Study Program : Bachelor of Mechanical Engineering
Consentration : Manufacture
Departement/Faculty : Mechanical Engineering/Engineering
Institution : State University of Surabaya
Mentor : Arya Mahendra Sakti, S.T., M.T.
The ship system consists of several components, one of which is the propeller. Judging from its function, it certainly has an important role in moving the crew, therefore several things need to be observed, one of which is the mechanical properties so that it is stronger and harder when there is a collision with coral or rocks on the high seas. Based on observations in coastal areas, most fishing boats that often operate use aluminum alloy propellers, which actually have disadvantages, namely low strength and hardness values. Therefore, it is necessary to add heat treatment processes in order to improve mechanical properties, one of which is the precipitation hardening process which involves an artificial aging process.
This study used an experimental method with stages including: casting process of Commercial Al 6061 + Al alloy, then subjected to artificial aging treatment with varying holding times of 4 hours, 5 hours, and 6 hours. After that, it was tested for the hardness value of the Rockwell Hardness Tester scale HRb standard DIN 50103 and the tensile strength standard JIS Z2201.
The hope of the results of this study is to obtain optimal hardness and tensile strength values.
Keywords: Propeller, foundry, Artificial aging, variation of holding time, hardness value, and tensile strength.