Media pembelajaran digunakan sebagai alat dalam pembelajaran yang memudahkan siswa dalam menerima dan mengembangkan informasi yang sesuai dengan materi pembelajaran. Bentuk media yang dapat digunakan salah satunya berbasis visual yaitu media montase. Rangkaian gambar yang terdapat pada media montase memudahkan siswa untuk mengembangkan keterampilan berbicara sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini ialah untuk membuktikan adanya pengaruh penggunaan media montase terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Kedurus I Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan rancangan non-equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa dan III B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Pada tahap analisis data instrumen dilakukan dengan uji validitas instrumen dan uji reliabilitas. Sementara itu, tahap analisis data hasil penelitian dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media montase terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Kedurus I Surabaya. Dalam hal ini, dapat dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang diterima dengan nilai thitung 2,327 > ttabel 2,021 dengan taraf signifikansi 5%
The learning media is a tool in learning that enables students to receive and develop information according to learning materials. One of the most visually based media is montage. The series of picture contained in montage media allows students to develop the skills of speaking according to the designated theme. Therefore, the purpose of this study is to demonstrate the influence of montage media use on students speaking skills of third grade’s in SDN Kedurus I Surabaya.
The kind of research used is quasy experiment with a non-equivalent control group design. The samples in this study were students from third grade A as a control class of 20 students and third grade B experimental class with 20 students. The data collection techniques used are observation and test techniques. At the stage instrument data analysis is done with the validity test of the instrument and the reliability test. Meanwhile, the data analysis of the research is done with normality test, homogenity test, hypothetical test, and N-Gain test.
Research has shown that there are significant implicated against the use of montage media for the speaking skills of third grade’s in SDN Kedurus I Surabaya. In this case, it can be proved by the rest of the hypothesis received by the score of tcount 2,327 > ttable 2,021 to a significant by 5%.
Keywords: montage media, speaking skills