BENTUK HUMOR DAN FUNGSI PENDIDIKAN DALAM KUMPULAN CERPEN REPUBLIK RAKYAT LUCU KARYA EKO TRIONO
HUMOR FORM AND EDUCATIONAL FUNCTIONS IN REPUBLIK RAKYAT LUCU BY EKO TRIONO
Abstrak
Humor seringkali muncul di dalam penulisan karya sastra, meski terkadang hanya dipandang sebagai pelengkap namun humor memiliki peran dalam menuangkan pemahaman, realitas, dan gejala psikologis tokoh. Bentuk humordapat juga ditemukan dalam kumpulan cerpen Republik Rakyat Lucu karya Eko Triono. Kumpulan cerpen yang menceritakan persoalan tentang pendidikannamun dengan situasi yang sederhana dan menimbulkan humor.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk humor dan fungsipendidikan padahumor di dalam karya sastra.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dihasilkan daristudi dokumenter,dengan membaca keseluruhan teks pada kumpulan cerpen Republik Rakyat Lucu karya Eko Trionodan menggunakan teknik deskriptif analisis untuk menganalisis data yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra dengan menerapkan teori bisosiasi Arthur Koestler sebagai alat bedah analisis.Hasil penelitian menunjukkan bentuk humor dalam teori bisosiasi sebanyak 14 kali, gejala humor tersebut ditunjukkan oleh tokoh Gembus sebagai siswa, rakyat kecil, hingga menjadi pejabat dalam menghadapi beragam situasi yang terjadi di negerinya. Gembus sebagai tokoh utama sering kali melakukan tindakan yang menimbulkan gejala humor karena tindakannya yang berlawanan dari situasi ada. Dari gejala humor yang ditimbulkan, menunjukkan adanya fungsi pendidikansebagai salah satu fungsi humor yang terbagi menjadi fungsi pendidikan sekolah, fungsi pendidikan sosial, dan fungsi pendidikan politik.
Kata kunci : humor, fungsi pendidikan,Republik Rakyat Lucu
Abstract
Humor often appears in writing literary works, although sometimes it is only seen as a complement, but humor has a role in expressing understanding, reality, and psychological symptoms of characters. The form of humor can also be found in the collection of short stories Republik Rakyat Lucu by Eko Triono. A collection of short stories that tell issues about education but with simple situations and create humor. This study aims to describe the form of humor and the educational function of humor in literary works. This type of research is descriptive qualitative. The data collection technique in this study resulted from a documentary study, by reading the entire text in the collection of short stories Republik Rakyat Lucu by Eko Triono and using descriptive analysis techniques to analyze the data obtained. This study uses a literary psychology approach by applying Arthur Koestler's bissociation theory as a surgical analytical tool. The results of the study show that the form of humor in bissociation theory is 14 times, the symptoms of humor are shown by Gembus characters as students, small people, to become officials in dealing with various situations that occur in their country. Gembus as the main character often takes actions that cause symptoms of humor because his actions are contrary to the situation. From the symptoms of humor caused, it shows that there is an educational function as one of the functions of humor which is divided into the function of school education, the function of social education, and the function of political education.
Keywords : humor, educational function, Republik Rakyat Lucu